Salat 5 Waktu Sehari Semalam Merupakan Mi'rajnya orang Beriman

Salat 5 Waktu Sehari Semalam Merupakan Mi'rajnya orang Beriman

Salat wajib 5 x dalam semalam siapa yang mengerjakan akan mendapat pahala dan yang meninggalkan mendapat dosa Foto : Radar Seluma - Disway --

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Salat dalam Islam merupakan sarana bagi Hamba untuk  berjumpa (Mi'raj) kepada Allah SWT sang Pencipta.

Perintah salat diterima oleh Rasulullah SAW saat beliau melakukan Isra' Mi'raj. Agama Islam mengenal salat wajib (fardhu) dan salat sunnah.

Dalam sirah Nabawiyah , Rasulullah SAW menjelaskan salat 5 waktu yang langsung beliau terima di sidratul Muntaha dari Allah SWT menjadi kewajiban ummatnya kelak.

Rasulullah SAW juga mengatakan, salat 5 waktu  yang dikerjakan merupakan mi'raj ummatnya, menghadap sang khalik.

 

Salat Fardhu  dikerjakan  5 kali dalam semalam, masing masing salat shubuh, salat zuhur, salat asar, salat magrib, dan salat isya.

Salat, wajib harus dikerjakan setiap hari, setiap bulan dan sepanjang tahun. Salat wajib tidak boleh ditinggal, dan harus dikerjakan hingga ajal menjemput. 

Allah SWT menjanjikan pahala yang sangat banyak siapapun Hambanya yang mengerjakan salat, apalagi dibulan Ramadan yang sebentar lagi akan dijalani.

Dalam Al-quran banyak sekali ayat ayat yang memerintahkan mukminin dan mukminat untuk  melaksanakan salat, seperti dalam ayat berikut.

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ

Artinya : Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk (QS : Al-Baqarah :43)

Ayat tersebut mengacu kepada perintah agar mengerjakan salat 5 waktu yang waktu-waktunya juga sudah ditentukan untuk  dilaksanakan  

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya : Dirikanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) subuh! Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh Malaikat ) QS : Al-isra' : 78)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: