5 Keutamaan Sholat Witir Sebelum Tidur, Salah Satunya Dapat Kemuliaan dari Allah SWT

5 Keutamaan Sholat Witir Sebelum Tidur, Salah Satunya Dapat Kemuliaan dari Allah SWT

Ilustrasi orang sholat.-Foto: Unsplash.com/PositiveMoslemAttitude-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sholat witir adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam sebagai penutup sholat. Sholat ini dikerjakan dalam jumlah rakaat ganjil, dengan minimal satu rakaat. 

Umat muslim di Indonesia kebanyakan melaksanakan sholat witir sebanyak tiga rakaat di bulan Ramadan, yakni dua rakaat dan satu rakaat. Meski demikian, jika ingin mengerjakan lebih dari tiga rakaat juga boleh karena tergantung pada masing-masing mahzab. 

Sholat witir memiliki keutamaan tersendiri di mata Allah SWT. Menurut beberapa sumber, luas dan doa setelah sholat witir penting untuk memaksimalkan manfaat ibadah. 

Shalat ini dilakukan dalam jumlah ganjil, yaitu satu, tiga, lima, tujuh, sembilan atau sebelas rakaat. Setidaknya satu rakaat dan hingga sebelas rakaat shalat witir.

BACA JUGA:

Wasiat Rasulullah sangat menekankan pentingnya untuk mengerjakan salat witir sebelum tidur. Sahabat Abu Hurairah meriwayatkan hadis yang menyatakan kesunahan salat witir, beliau bersabda:

"Witir adalah hak Allah, barangsiapa yang mau, bolehlah dia mengerjakannya. Salat witir merupakan salah satu rakaat, dan hendaknya kalian mengakhirinya dengan satu rakaat." (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menegaskan bahwa keutamaan witir sebelum tidur adalah ibadah yang disukai dan dianjurkan. Waktu yang dianjurkan untuk mengerjakan salat witir adalah setelah salat Isya hingga tengah malam.

Rasulullah juga menganjurkan untuk tidak meninggalkan salat witir, baik dalam keadaan berpergian maupun tinggal di rumah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya salat witir dalam kehidupan seorang muslim.

Dengan mengerjakan salat witir sebelum tidur, kita menunjukkan ketaatan dan kepatuhan kita kepada perintah Allah dan Rasul-Nya. Sholat witir mempunyai keutamaan tersendiri di mata Allah SWT. Berikut beberapa keutamaan sholat witir yang perlu kita ketahui.

Terhindar dari Perbuatan Dosa

Keutamaan sholat witir selanjutnya adalah orang yang mengerjakan akan terhindar dari perbuatan dosa. Dalam beberapa riwayat, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa sholat witir dapat menjadi salah satu cara menghindari dosa. Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda bahwa sholat witir akan membantu memperoleh berkah di dunia dan akhirat.

 

Mendapatkan Kemuliaan di Hadapan Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: