Kenali 10 Tanda Ginjal Tak Sehat yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Sulit Tidur

Kenali 10 Tanda Ginjal Tak Sehat yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Sulit Tidur

Ilustrasi foto ginjal.-Foto: Unsplash.com/RobinaWeermeijer-

 

Ada Darah di Urin

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah di dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin, tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini dapat mulai "bocor" ke dalam urin. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urin bisa menjadi indikasi adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi.

 

Urin Berbusa

Gelembung berlebihan dalam urin menunjukkan protein dalam urin. Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang Anda lihat saat mengocok telur, karena protein yang umum ditemukan dalam urin, albumin, adalah protein yang sama dengan yang ditemukan dalam telur.

 

Kulit Kering dan Gatal

Tanda selanjutnya yang menunjukkan masalah pada ginjal adalah gangguan pada kulit. Urea pada darah yang tidak tersaring dengan baik akan menumpuk pada darah. Zat ini kemudian memicu kulit menjadi kering dan gatal.

 

Area Sekitar Mata Bengkak

Keluarnya protein melalui urine membuat area sekitar mata menjadi bengkak. Hal ini disebabkan protein tersebut tidak tersimpan dengan baik di dalam tubuh.

BACA JUGA:

Sesak Napas

Saat menderita penyakit ginjal, organ tubuh tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut eritropoietin. Hormon ini memberi sinyal pada tubuh Anda untuk membuat sel darah merah. Tanpa eritropoietin bisa terkena anemia dan sesak napas. Penyebab lainnya adalah penumpukan cairan. Anda mungkin kesulitan mengatur napas. Dalam kasus yang serius, berbaring mungkin membuat Anda merasa seperti tenggelam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: