Kenali 10 Tanda Ginjal Tak Sehat yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Sulit Tidur

Kenali 10 Tanda Ginjal Tak Sehat yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Sulit Tidur

Ilustrasi foto ginjal.-Foto: Unsplash.com/RobinaWeermeijer-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ketika ginjal bermasalah, tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan racun dan kotoran dari darah, mengendalikan tekanan darah, hingga menyaring cairan berlebih dari dalam tubuh.

Jika fungsinya terganggu dan tak bekerja dengan baik, racun di dalam tubuh akan berkembang dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ penting lainnya.

Selain sebagai organ ekskresi, tugas ginjal lainnya adalah menyeimbangkan cairan tubuh, memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, hingga menyaring darah. 

Mengingat fungsinya yang sangat penting, menjaga kesehatan ginjal penting dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengetahui tanda-tanda ginjal sedang bermasalah atau sakit. 

BACA JUGA:

Berikut tanda fisik yang menjadi tanda-tanda ginjal tidak sehat yang perlu diwaspadai:

Mengalami Masalah Tidur

Ketika ginjal tidak menyaring dengan baik, racun tetap berada di dalam darah dan tidak keluar dari tubuh melalui urine. Hal ini dapat membuat kamu sulit tidur. Gangguan sleep apnea juga lebih umum dialami oleh mereka yang memiliki penyakit ginjal dibandingkan dengan orang dengan ginjal yang sehat.

 

Mudah Lelah

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

 

Sering BAK

Meningkatnya frekuensi buang air kecil atau BAK, khususnya saat malam, bisa menjadi salah satu tanda ginjal Anda bermasalah. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya kerusakan pada filter ginjal. Tanda ini juga bisa disebabkan adanya infeksi saluran kemih atau pembengkakan prostat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: