5 Tips Berpuasa bagi Penderita Maag dan Gerd, Ibadah Jadi Lancar dan Nyaman

5 Tips Berpuasa bagi Penderita Maag dan Gerd, Ibadah Jadi Lancar dan Nyaman

Puasa menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menderita oenyakit maag dan gerd. Simak beberapa tips untuk mencegah kambuhnya maag dan gerd selama berpuasa--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ramadhan sebentar lagi tiba, ini tips aman berpuasa untuk penderita maag dan gred yang wajib untuk disimak.

Puasa adalah ibadah yang dilakukan umat Muslim dengan menahan diri dari lapar dan haus, mulai dari pagi hingga waktu berbuka nanti.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penderita maag dan gerd untuk menjalani ibadah puasa, karena bisa memicu atau memperparah penyakit maag dan gerd itu sendiri.

BACA JUGA:6 Kriteria Orang yang Wajib Jalankan Ibadah Puasa Ramadan

BACA JUGA:Catat, Ini Jadwal Libur Sekolah Awal Puasa 2024 di 10 Provinsi

Sekedar untuk mengingatkan, ada perbedaan yang dialami oleh penderita maag dan gerd:

Maag merupakan kumpulan gejala yang menimbulkan rasa tidak nyaman di perut bagian atas atau dada setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Sedangkan GERD, merupakan kondisi naiknya asam lambung menuju esofagus yang menyebabkan nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya sakit maag mulai dari kebiasaan makan yang tidak teratur, makan makanan yang mengandung gas, stres hingga emosi.

Sedangkan untuk gerd sendiri, pemicunya bisa selain karena terlambat makan,  makan sebelum tidur, merokok, dan konsumsi alkohol serta makanan pedas.

Namun bukan berarti penderita maag dan gerd tidak wajib menjalankan puasa. Bagi penderita maag tetap diperbolehkan berpuasa secara hati-hati agar ibadah berjalan dengan lancar. 

Untuk memastikan agar penyakit maag dan gerd tidak kambuh selama berpuasa, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar ibadah puasa menjadi nyaman.

Tips Menjalankan Puasa bagi Penderita Maag dan Gerd

Mengutip dari lama Kementerian Kesehatan, ada beberapa tips berpuasa untuk penderita maag dan gerd yang bisa kalian simak:

1. Jangan Makan Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: