Cegah Bau Mulut Saat Puasa: Penyebab dan Tips Jitu Mengatasinya

Cegah Bau Mulut Saat Puasa: Penyebab dan Tips Jitu Mengatasinya

Bagaimana cara mengatasi bau mulut saat berpuasa?--Foto: ideogram.ai

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bau mulut. Konsumsi jus lidah buaya murni tanpa tambahan gula.

10. Hindari Merokok

Merokok dapat menyebabkan mulut kering dan bau mulut.

Masih belum yakin? Begini penjelasan dari dokter gigi

BACA JUGA:

Dilansir dari laman unair.ac.id, Dr Desiana Radithia drg Sp PM(K) menjelaskan bahwa penurunan produksi air liur selama berpuasa menjadi penyebab utama bau mulut.

"Air liur berfungsi sebagai pembersih langsung. Secara mekanis dengan jumlah yang cukup dan kualitas yang baik, air liur ini akan membantu membersihkan rongga mulut kita dari endapan mikroorganisme, sisa makanan, dan pembusukan rongga mulut yang terus terjadi," ujar Dr. Desi dalam kanal YouTube Dokter UNAIR TV.

Penurunan produksi air liur saat berpuasa bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi, membantu mengatur kembali keseimbangan mikroorganisme di dalam rongga mulut dengan mematikan beberapa mikroorganisme. Di sisi lain, menyebabkan mulut kering dan mikroorganisme mati yang tidak dapat dibersihkan, sehingga menimbulkan bau tidak sedap

Dr. Desi menegaskan bahwa bau mulut tidak hanya terjadi karena puasa. Bau mulut juga bisa terjadi karena gigi berlubang, penumpukan karang gigi, dan sariawan.

Bau mulut saat puasa memang menyebalkan, tapi bisa diatasi dengan tips-tips di atas. Pastikan untuk minum air putih yang cukup, menjaga kebersihan mulut, dan hindari makanan yang bisa menyebabkan bau mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: