Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Tak Jadi Maret, Cek Jadwal Terbaru KemenPAN RB

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Tak Jadi Maret, Cek Jadwal Terbaru KemenPAN RB

Pendaftaran CPNS 2024 dibuka Mei, ini daftar berkas yang perlu disiapkan sebelum seleksi -ilustrasi-sscasn.bkn.go.id

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 mengalami penundaan dari Maret menjadi April. 

Keputusan diundurnya pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 ini disampaikan oleh Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB, Aba Subagja. Bahkan, Aba menyatakan kemungkinan pendaftaran bisa mundur hingga Mei 2024.

Pemunduran ini dipicu oleh pertimbangan verifikasi validasi (verval), yang menjadi syarat penting dalam proses penerimaan. 

"Paling cepat di posisi April, atau Mei sambil menunggu verval (verifikasi validasi)," ujar Aba, Rabu, 28 Februari 2024.

Walaupun begitu, pemerintah masih akan melanjutkan rencananya untuk membuka pendaftaran CPNS dan PPPK dalam tiga tahap pada tahun 2024.

Pendaftaran yang direncanakan pada April 2024 akan mencakup CPNS, PPPK, dan ASN melalui jalur sekolah kedinasan. 

BACA JUGA:

Aba menjelaskan bahwa pembukaan tiga gelombang perlu disesuaikan dengan kebutuhan instansi yang mengusulkan formasi CPNS atau PPPK.

"Nanti kita lihat pemenuhan kebutuhannya dan instansi yang tidak mengusulkan," kata Aba, dikutip dari Kompas.com.

Meskipun terjadi penundaan, pemerintah tetap berkomitmen untuk menjalankan proses rekrutmen dengan cermat. 

Pemerintah telah mengumumkan rencana membuka rekrutmen CPNS dan PPPK dengan total 2,3 juta formasi. 

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa dari total kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024, sebanyak 22% dialokasikan untuk tenaga pendidikan di daerah. 

Menurutnya, sekitar 419.146 formasi atau 22,45% dari kebutuhan ASN nasional disiapkan untuk pemenuhan ASN guru di instansi daerah. 

Pernyataan ini diungkapkan Menteri Anas saat membuka Rakor Pengadaan ASN Guru pada Instansi Daerah Tahun 2024 secara virtual pada Senin, 26 Februari 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: