Segudang Manfaat Tanaman Lidah Buaya yang Baik untuk Rambut dan Kulit Kepala

Segudang Manfaat Tanaman Lidah Buaya yang Baik untuk Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.-Foto: Pinterest.com/@blackhairinformation-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ada sejumlah permasalahan pada rambut dan kulit kepala yang bisa ditangani dengan memanfaatkan lidah buaya. Hal itu berkat kandungan nutrisi yang ada di dalam tanaman ini. 

Dilansir dari berbagai sumber, lidah buaya kaya akan kandungan vitamin A, C, E, B12, dan kolin. Kandungan itu sangat baik untuk rambut khususnya yang mengalami masalah rambut rontok dan kering.

lidah buaya mengandung puluhan vitamin, mineral, dan asam lemak. Selain itu, dari berbagai hasil penelitian, terbukti kalau lidah buaya bersifat anti-peradangan dan memiliki kemampuan membersihkan minyak dengan efektif. 

Walau tergolong aman, tapi kamu sebaiknya tetap melakukan tes alergi jika ingin memakai lidah buaya untuk rambut dan kulit kepala untuk menghindari terjadinya iritasi. Kamu bisa mendapatkan khasiat dari tanaman ini dengan menjadikannya sebagai masker rambut. 

BACA JUGA:

Lantas, apa saja sih manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit kepala? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini sampai habis!

Mengatasi Masalah di Kulit Kepala

Di kulit kepala biasa ditemukan peradangan kulit yang disebut dermatitis seboroik yang membuat kulit kepala jadi berketombe, gatal-gatal, dan bersisik. Lidah buaya telah terbukti dapat membantu mengatasi masalah ini karena kandungan asam lemaknya memiliki sifat anti-peradangan dan antibakteri. 

 

Mengurangi Rambut Berminyak

Manfaat lidah buaya berikutnya dapat mengontrol rambut yang berminyak. Kandungan enzim dalam lidah buaya dapat memecah lemak dan menghilangkan minyak ekstra (sebum) pada rambut.

 

Menghilangkan Rasa Gatal dan Ketombe

Kulit kepala yang gatal tentu akan mengganggu kenyamanan. Parahnya lagi, jika menggaruk terlalu kuat, kulit kepala justru akan terluka dan iritasi. Manfaat lidah buaya juga tak hanya untuk rambut, tapi juga bisa untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi kulit kepala karena lidah buaya mengandung sifat anti-pruritik yang kuat. Selain itu, lidah buaya juga bisa menghilangkan ketombe yang kerap membuat kepercayaan diri menurun. Itu karena lidah buaya memiliki sifat anti-jamur yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: