Yuk Kenali Sparfishing, Olahraga Menombak Ikan Sambil Menyelam di Kedalaman Laut

Yuk Kenali Sparfishing, Olahraga Menombak Ikan Sambil Menyelam di Kedalaman Laut

Yuk Kenali Sparfishing, Olahraga Menombak Ikan Sambil menyelam di Kedalaman Laut--Foto : freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Spearfishing berasal dari kata spear, dalam Bahasa Inggris berarti tombak dan fishing berarti kegiatan mencari ikan.

Secara umum, spearfishing adalah kegiatan berburu ikan di kedalaman laut dengan menggunakan senapan tombak yang didisain khusus untuk di dalam laut.

Tentu saja yang dimaksud berburu di laut berbeda dengan cara berburu di daratan, perlengkapannya pun sangat berbeda.

Perlengkapan utama yang digunakan adalah senapan tombak atau speargun. Senapan yang didisain khusus untuk berburu ikan di laut. 

BACA JUGA:

Senapan ini terdapat tiga bagian utama, yaitu:

  • muzzle, tempat karet untuk tombak kecil (shaft) 
  • barrel, pipa tempat meluncurnya tombak
  • trigger atau pelatuk

Senapan tombak (speargun) ini mungkin terlihat sederhana, namun, untuk mendapatkan alat yang standar dan berfungsi baik, Anda harus merogoh kocek antara Rp 2-3 juta.

Beberapa spearo (sebutan para penggiat spearfishing) memilih untuk membuat sendiri senapan tombak (speargun). Tutorial membuat speargun sudah banyak beredar di platform video Youtube. Selain lebih murah, para spearo bisa dengan bebas memodifikasi senapan tombak buatannya.

Perlengkapan lainnya yang harus dimiliki adalah, baju selam, kaki katak, dan masker.

BACA JUGA:

Sejarah Spearfishing

Menurut beberapa sumber yang berhasil dihimpun, olah raga spearfishing ini terinsppirasi dari kebiasaan Suku Bajo yang biasa memburu ikan di kedalaman laut dengan menggunakan tombak.

Suku Bajo mempunyai bakat alami menyelam tanpa menggunakan bantuan tabung oksigen atau disebut free dive, yaitu istilah menahan napas (apnea) sambil menyelam di kedalaman laut.

Suku Bajo inilah yang pertama kali melakukan perburuan ikan di kedalaman laut dengan membawa tombak, yang kemudian disebut spearfishig.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: