7 Ciri Seseorang Meninggal Secara Husnul Khotimah Berdasarkan Hadits Rasulullah SAW

7 Ciri Seseorang Meninggal Secara Husnul Khotimah Berdasarkan Hadits Rasulullah SAW

Ciri-ciri seseorang meninggal dengan keadaan husnul khotimah menurut hadits--foto : tangkapan layar Youtube

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Husnul Khotimah merupakan istilah yang mengacu pada kematian seseorang dengan baik dan diberkahi oleh Allah SWT.

Cara seseorang meninggal dengan husnul khotimah adalah sebuah rahasia Allah SWT Yang Maha Mengetahui segala yang terjadi pada ciptaan-Nya.

Hal ini seperti dalam firman Allah SWT dala Surat Luqman ayat 34 yang berbunyi:

اِنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗ عِلْمُ السَّاعَةِۚ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَۚ وَيَعْلَمُ مَا فِى الْاَرْحَامِۗ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًاۗ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌۢ بِاَيِّ اَرْضٍ تَمُوْتُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya: "Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari Kiamat; dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal."

BACA JUGA:

Istilah husnul khotimah berasal dari bahasa Arab. Husnul berarti baik atau indah, dan khotimah merujuk akhir atau penutup. Oleh karena itu, husnul khotimah dapat diartikan sebagai akhir atau penutup hidup yang baik dan indah dalam pandangan Islam.

Seorang muslim yang baik tentunya menharapkan dapa mengakhiri hidupnya dengan keadaan yang baik, yaitu dalam keadaan beriman, bertaqwa dan sedang menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Ciri-ciri Husnul Khotimah

Meninggal dengan cara husnul khotimah merupakan idaman setiap umat Rasulullah SAW.

Terdapat beberapa ciri seseorang yang husnul khotimah. Setiap muslim yang memiliki salah satu dari ciri tersebut berarti mendapat kabar gembira. 

BACA JUGA:

Berikut 7 ciri seseorang meninggal dengan husnul khoyimah:

1. Mengucap Syahadat

Menurut hadits Rasulullah SAW, ciri husnul khotimah yang pertama adalah mengucap syahadat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: