Mengenal Apa Itu Bisnis Digital, Mulai dari Jenis hingga Keuntungannya

Mengenal Apa Itu Bisnis Digital, Mulai dari Jenis hingga Keuntungannya

Ilustrasi pekerjaan digital marketing-Foto: Unsplash.com/AnnieSpratt-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di era digital sekarang, bisnis digital merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan yang ingin bertahan dan berkembang.

Perusahaan harus beradaptasi dengan teknologi digital dan memanfaatkannya dengan optimal untuk menciptakan nilai tambah bagi konsumen dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Oleh sebab itu, tidak sedikit pengusaha pemula yang memilih untuk mendirikan bisnis digital daripada bisnis konvensional. bisnis digital adalah suatu jenis usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk atau memasarkannya. 

Dalam dunia bisnis digital dikenal sebagai istilah digital marketing yang menggunakan fasilitas internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing atau pemasaran tradisional.

BACA JUGA:

Bisnis digital memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk menciptakan sebuah produk maupun memasarkannya. Bisnis digital biasanya tidak terbatas hanya menjual produk saja, melainkan juga menjual jasa.

Oleh sebab itu, jenis-jenis bisnis digital pun tidak akan lepas dari yang namanya internet. Berikut beberapa jenis bisnis digital yang sering digunakan:

Jenis-Jenis Bisnis Digital

E-commerce

Sekilas memang hampir sama antara marketplace dan e-commerce. Tapi, sebenarnya keduanya berbeda. Jika marketplace terdiri dari banyak penjual, brand atau perusahaan, maka e-commerce hanya dimiliki oleh satu brand atau perusahaan. Sebagai contoh, kamu memiliki brand bisnis fashion. Kemudian, kamu membuat e-commerce untuk menampilkan produk yang kamu jual di website. Di website tersebut juga ada fitur keranjang untuk menaruh barang yang dibeli pelanggan. Selain itu, ada juga fitur untuk melakukan pembayaran. Jika kamu ingin penjelasan lebih lengkap tentang perbedaan marketplace dan e-commerce, kamu bisa membaca artikel 5 Perbedaan e-commerce, Marketplace dan Online Shop. Di dalam artikel tersebut, kamu bisa menemukan perbedaan dari ketiganya yang sering dianggap sama.

 

Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan bisnis yang berfokus pada pemasaran melalui platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Dalam bisnis ini, perusahaan memanfaatkan platform sosial media untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada pengguna sosial media.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: