Islam Mengharamkan Membentak saat Marah dengan Anak, Ini Ayatnya !

Islam Mengharamkan Membentak saat Marah dengan Anak, Ini Ayatnya !

Larangan membentak anak menurut islam saat orang tua sedang marah foto : Dream.co.Id --

Berlakulah wajar dalam berjalan dan lembutkanlah suaramu, sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.

Ayat ini diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, yang juga berlaku untuk  ummatnya, saat mengabadikan kisah seorang tua yang bernama Lukman saat mendidik anaknya. 

Maksud dari ayat ini menurut ahli tafsir orang tua dilarang menggunakan kata-kata yang keras dan kasar saat mendidik anak. meski dalam kondisi marah sekalipun orang tua wajib berlaku lemah lembut kepada anak-anaknya.

Orang tua juga jangan meninggikan suaranya tanpa ada kebutuhan, oleh karena itu Allah mengumpamakan dengan seburuk-buruk suara adalah suara keledai. 

Berteriak kepada anak menurut islam adalah terlarang. Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda saat mengurus anak, orang tua seharusnya bisa bertindak seperti anak-anak ketika sedang bersama si kecil, orang tua harus lebih bisa memahami anak-anaknya dengan lebih baik 

Nabi Muhammad SAW bersabda :

Kalau kalian mendengar ayam berteriak (berkokok) maka berdoalah meminta nikmat kepada Allah. Namun jika kalian mendengar suara keledai berteriak (meringkik) maka mintalah perlindungan kepada Allah, karena keledai tersebut sedang melihat setan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: