Hadi Tjahjanto Sowan ke Mahfud MD Minta Arahan dan Masukan Sebagai Menko Polhukam

Hadi Tjahjanto Sowan ke Mahfud MD Minta Arahan dan Masukan Sebagai Menko Polhukam

Hadi Tjahjanto saat berkunjung ke kediaman Mantan Menko Polhukam Mahfud MD pada Kamis, 22 Februari 2024.-Foto: Instagram.com/@mohmahfudmd-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hadi Tjahjanto silahturahmi di kediaman Mahfud MD di Jakarta, Kamis, 22 Februari 2024 pada hari pertama menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Mahfud MD merupakan mantan Menko Polhukam periode 2019 – 2 Februari 2023. 

Hadi juga merasa sebagai junior Mahfud MD perlu sowan saat sudah resmi menjabat Menkopolhukam. Apalagi Hadi punya hubungan akrab dengan Mahfud selama saat menjabat Panglima TNI. 

"Jadi saya sebagai junior tentunya datang ke prof Mahfud untuk menyampaikan  tugas saya. Berikutnya, ketika saya menjadi panglima TNI kerja sama erat antara saya dengan prof Mahfud ini luar biasa. Menangani permasalahan-permasalahan yang ada di indonesia. Mulai dari papua, permasalahan di Jakarta semuanya juga kami selalu koordinasi dengan prof Mahfud," ujar Hadi. 

Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada 21 Februari 2024.

BACA JUGA:

Hadi Tjahjanto mengaku dititipi tiga pesan yang harus dilaksanakan dari mantan Menko Polhulkam yakni, Mahfud MD. Pesan itu tersampaikan saat Hadi mengunjungi kediaman Mahfud di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis 22 Februari 2024. 

Ke-tiga pesan itu antara lain kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), revisi Undang-Undang Mahkamah Konstitusi (MK), dan penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu secara non-yudisial. “BLBI tadi sudah, tadi sudah detail BLBI,” ucap Hadi, di samping Mahfud.

Mahfud MD yakin Hadi Tjahjanto akan lebih lincah memimpin Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) ketimbang dirinya.

Hal tersebut disampaikan Mahfud usai menerima Menteri Koordinator (Menko) Polhukam Hadi Tjahjanto di kediamannya, pada Kamis, 22 Februari 2024.

“Saya sudah tahu Pak Hadi sangat cakap untuk melakukan itu semua, sehingga saya tidak memberi kiatnya, memberi substansi masalahnya tadi, beliau bisa lebih lincah daripada saya nanti, kalau substansinya sudah sampai,” ucap Mahfud.

Namun Mahfud enggan mengungkap apa saja substansi masalah-masalah yang disampaikan kepada Hadi Tjahjanto.

“Sudah saya sampaikan tadi,” singkat Mahfud MD dibenarkan Hadi Tjahjanto. Dalam kesempatan tersebut, Mahfud mengaku mengenal Hadi Tjahjanto sebagai pribadi yang baik dan soleh.

“Pak Hadi itu teman saya sangat baik, jadi begini loh, orang itu dulu punya kesan bisa ndak sipil mengkoordinasi militer, saya adalah Menko sipil pertama, ternyata dengan Pak Hadi enak sekali, lancar, semua urusan, apapun itu kita koordinasikan, waktu itu Pak Hadi panglima, lalu Kapolrinya Pak Sigit, sebelum Pak Sigit Pak Idham, lancar komunikasi,” ujar Mahfud MD.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: