Baca Ini Moms! Tips and Trik Untuk Mengurangi Rasa Lelah dan Jenuh Saat Mengurus Anak

Baca Ini Moms! Tips and Trik Untuk Mengurangi Rasa Lelah dan Jenuh Saat Mengurus Anak

Tips dan trik agar tidak lelah saat mengurus anak.-Foto: Unsplash.com/EdwardCisneros-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bagi wanita yang memutuskan untuk menjadi ibu muda, kesiapan fisik dan mental sangatlah penting. Mengurus anak memang merupakan kebahagiaan yang tidak bisa ditukar dengan apapun. 

Meskipun para ibu sering merasa lelah dan repot, namun kegiatan satu ini selalu dijalani dengan suka cita. Sebab tak dapat dipungkiri, mengurus anak bukanlah pekerjaan yang mudah dan rentan memicu stres. 

Karena itu, selain butuh kerja sama yang baik dengan sang ayah, ibu juga butuh tips untuk mengatasi lelah dan stres. Selain karena baru pertama kali, dan mungkin belum memiliki pengalaman sebelumnya, nyatanya melakukan pekerjaan sebagai ibu “full time” bisa menjadi sangat melelahkan.

Berikut, tips dan trik yang moms harus lakukan agar bisa mengurangi kelelahan saat mengurus anak. Simak sampai habis ulasan pada artikel di bawah ini!

BACA JUGA:

Kenalkan Waktu Tidur

Salah satu penyebab ibu mudah merasa lelah adalah karena jam tidur yang berantakan. Sebab salah satu dampak dari kurang tidur dan kurang istirahat adalah tubuh merasa lebih mudah lelah dan tidak bertenaga. Untuk itu, sangat penting untuk memastikan ibu mendapat jam tidur yang cukup meski sedang mengasuh. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tidur ibu adalah dengan mengajak serta Si Kecil tidur. Nah, untuk itu, mulailah mengenalkan waktu tidur dan buat pola tidur untuk anak sehingga ibu pun akan memiliki waktu yang lebih pasti untuk beristirahat.

 

Manfaatkan Playdate

Jika anak kamu sudah lebih besar (usia 1 tahun ke atas), buatlah jadwal bermain bersama atau playdate dengan teman yang memiliki anak sepantaran dengan usia anak kamu. Biarkan anak-anak bermain bersama agar terbiasa bersosialisasi dan merasa lebih gembira. Sementara itu, sembari mengawasi anak, kamu pun bisa bersosialisasi dengan teman-teman sesama moms. Kebanyakan wanita kehilangan waktu bersama teman-teman mereka ketika sudah memiliki anak, namun dengan playdate, ibu dan anak sama-sama merasa gembira.

 

Jangan Lupa Me Time

Tidak ada salahnya jika para ibu ingin menghabiskan waktu untuk memanjakan diri sendiri alias me time. Misalnya dengan menonton film kesukaan, membaca buku, atau melakukan perawatan wajah dan tubuh. Nyatanya hal tersebut dibutuhkan untuk membuat pikiran dan tubuh tetap segar dan terhindar dari stres. Cobalah untuk menyampaikan keinginan tersebut pada pasangan dan minta ia untuk menjaga Si Kecil saat ibu sedang me time.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: