Masih Fokus Rekapitulasi Hasil Suara, PKB Belum Pikirkan Soal Koalisi Atau Oposisi

Masih Fokus Rekapitulasi Hasil Suara, PKB Belum Pikirkan Soal Koalisi Atau Oposisi

Ketua DPP PKB Cucun A. Syamsurijal (tengah).-Foto: Instagram.com/@dpp_pkb-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan posisi PKB dalam pemerintahan mendatang masih belum dibahas oleh internal partai. Pihaknya masih fokus untuk merekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat legislatif.

"Sampai sekarang DPP PKB belum berpikir bagaimana langkah-langkah terkait koalisi atau apapun," ucap Cucun saat ditemui di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, pada Minggu, 18 Februari 2024.

Cucun mengatakan, Pemilu 2024 belum berakhir karena sampai saat ini rekapitulasi Pilpres 2024 masih berjalan. Menurut dia, PKB juga masih fokus mengawal jalannya proses rekapitulasi suara partai secara nasional dan regional.

"Saya sendiri yang dipercaya sebagai direktur pemilihan legislatif PKB ini masih fokus tabulasi untuk perolehan legislatif. Jadi tidak ada pembicaraan atau bicara dengan parpol koalisi kami untuk bicara terkait loncat atau misal mengambil sikap, sampai sekarang belum ada pembicaraan terkait itu," tuturnya.

BACA JUGA:

Cucun menuturkan, belum ada pembicaraan apapun dengan partai politik yang saat ini berkoalisi dengan PKB soal langkah ke depannya.

"Kita lihat dulu hasil pemilu ini kalau terkait rekam jejak bagaimana selama ini ada di pemerintahan, itu akan ditentukan bukan oleh sendiri-sendiri tapi melalui rapat yang resmi struktur di PKB termasuk di Timnas Amin (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) ada pembicaraan," kata Cucun. 

Ketua Fraksi PKB DPR RI itu mengatakan, sejauh ini pun belum ada komunikasi dengan pihak manapun selain Nasdem dan PKS.

Sebagai informasi, Pemilu 2024 meliputi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Lebih lanjut, Cucun mengklaim sampai saat ini juga tidak ada pembahasan apapun antara PKB dengan pihak Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

"Setiap partai punya integritasnya, setiap partai punya sikap yang pasti akan diambil dan itu pasti. Kalau misalkan bicara yang tadi 5 besar, ini ada juga yang tidak satu koalisi dengan kita, sampai sekarang belum ada pembicaraan ke arah itu (koalisi)," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: