Anies-Muhaim Muncul pada Suara Pertama saat Rekap Suara di TPS Jokowi

Anies-Muhaim Muncul pada Suara Pertama saat Rekap Suara di TPS Jokowi

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana turut melaksanakan Pemilu 2024 di TPS 10 Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, pada Rabu, 14 Februari 2024.--Instagram @jokowi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada Rabu siang, 14 Februari 2024, Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) no.10 RW 02, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, aktif melakukan proses pemungutan suara. 

TPS 10 ini memiliki keistimewaan, yakni menjadi tempat pencoblosan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pukul 14.35 WIB, panitia KPPS, di bawah kepemimpinan Ketua Hamid Basjar, memulai penghitungan suara. 

Dengan cermat, Hamid Basjar membacakan hasil pencoblosan anggota legislatif dan pasangan calon presiden. 

Suara pertama yang dibacakan ketua KPPS tersebut adalah untuk pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari Koalisi Perubahan.

BACA JUGA:

Meskipun Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 10 mencapai 120 orang, hanya 76 pemilih yang hadir pada hari pemungutan suara. Untuk melengkapi, 11 orang pemilih tambahan turut menggunakan hak pilihnya. 

Pada Rabu pagi pukul 8.45 WIB, Presiden Jokowi menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi Pilpres 2024

Ditemani Ibu Negara Iriana, Jokowi menyatakan harapannya agar pemilihan berlangsung dengan luber jurdil, menjadi pesta rakyat yang diikuti dengan kegembiraan.

"Ya ini adalah pesta demokrasi. Kita berharap ini betul-betul jadi pesta rakyat. Saya harap ini berlangsung dengan luber jurdil dan diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dengan kegembiraaan," kata Jokowi memberikan keterangan usai mencoblos.

Sebelumnya Jokowi menegaskan pentingnya mengikuti mekanisme Pemilu 2024 dengan adil. Ia menekankan agar seluruh pihak menjaga integritas, dan bila terdapat kecurangan, disarankan melaporkan ke Bawaslu atau mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

Pilpres kali ini menjadi panggung pertarungan politik antara Anies dan Cak Imin melawan Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

BACA JUGA:

Tema keberlanjutan Presiden Jokowi menjadi fokus Prabowo dan Gibran. Sementara Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, mengangkat tema perbaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: