Link Nonton 'Dirty Vote', Film Dokumenter yang Mengangkat Isu Kecurangan Pemilu

Link Nonton 'Dirty Vote', Film Dokumenter yang Mengangkat Isu Kecurangan Pemilu

Film dokumenter Dirty Vote.-Foto: Instagram.com/@idbaruid-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Baru-baru ini viral film yang berjudul 'Dirty Vote' di sebuah platform YouTube, film ini mengangkat kisah serta isu-isu di balik pemunguntan suara pemilihan umum yang ada di Indonesia.

Film Dirty Vote bikin geger sosial media, pasalnya Dirty Vote yang tayang di YouTube, pada Minggu, 11 Februari 2024 ini membahas soal kecurangan dalam proses Pemilu 2024.

Pada film Dirty Vote yang sedang menjadi trending x ini, 3 ahli hukum tata negara, Zainal Arifin Mochtar, Feri Amsari dan Bivitri Susanti menerangkan mengenai penggunaan instrumen kekuasaan untuk mencurangi Pemilu 2024.

Hari Minggu, 11 Februari 2024 merupakan awal dari masa tenang kampanye, dan Koalisi Masyarakat Sipil memilih tiga hari menjelang Pemilu 2025 sebagai waktu untuk merilis film Dirty Vote.

BACA JUGA:

Pemungutan suara Pemilu 2024 sendiri akan berlangsung hari Rabu, 14 Februari 2024. Sedikit spoiler, Film Dirty Vote menceritakan tentang bagaimana kecurangan pemilu yang diungkap oleh tiga pakar hukum tata negara.

Film dokumenter berjudul “Dirty Vote” mengambil momentum tayang pada 11.11, yaitu tanggal 11 Februari bertepatan hari pertama masa tenang pemilu dan disiarkan pukul 11.00 WIB di kanal salah satu YouTube.

Film yang berdurasi 1 jam 57 menit, tersebut akan mengupas dari berbagai aspek dugaan kecurangan yang melibatkan Presiden Jokowi.

Jokowi diduga memanfaatkan lembaga negara untuk membantu kemenangan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Presiden Joko Widodo ditengarai melakukan kecurangan-kecurangan tersebut demi mempertahankan kekuasaan.

Namun didalam beberapa bagian, beberapa pakar juga ikut mengkritik Bawaslu yang dinilai tidak tegas dalam menjatuhkan sanksi terhadap pelanggaran pemilu tahun ini. 

BACA JUGA:

Sehingga menurut mereka, tidak akan ada efek jera dalam pelanggaran pemilu yang cenderung terjadi berulang. Film ini juga bercerita tentang kekuasaan yang disalahgunakan, karena nepotisme yang haram hukumnya dalam negara hukum yang demokratis di Indonesia. 

Nah, buat kamu yang penasaran dan ingin menyaksikan film dokumenter 'Dirty Vote', kamu bisa klik link di bawah berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: