Tuntut Jokowi, Masa Demokrasi Perempuan dan Mahasiswa Demo di Depan Monas

Tuntut Jokowi, Masa Demokrasi Perempuan dan Mahasiswa Demo di Depan Monas

Masa Demokrasi Perempuan dan Mahasiswa Demo Di Depan Monas, Tuntut Jokowi Di Depan Istana--https://id.pinterest.com/nyanknyunk/

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masa dari demokrasi perempuan nampak memenuhi jalanan monas pada Jum’at lalu tanggal 9 Februari.

Hal ini dikarenakan Masa yang keseluruhannya merupakan perempuan ini melakukan demo terkait masalah pemilu 2024.

Demo ini bermula karena adanya mereka menilai banyaknya fakta di lapangan terkait keberpihakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada salah satu paslon.

"Kami dari Koalisi Perempuan Penyelamat Demokrasi dan HAM harus turun ya untuk ikut menyuarakan situasi menuju pemilu yang sudah tidak baik-baik saja ya. Jadi kami mendapatkan banyak sekali fakta di lapangan bahwa ada proses-proses yang tidak sesuai dengan jalan atau arah yang sbnrnya audah diampuh oleh Undang-undang maupun peraturan yang berlaku," kata Anggota Koalisi Perempuan Penyelamat Demokrasi dan HAM, Mike Verawati.

Vera menilai Jokowi sebagai pemimpin negara secara terang-terangan melakukan keberpihakan kepada paslon tertentu.

Menurutnya, Jokowi juga menggunakan kewenangannya untuk memberi jalan kepada pemenangan paslon tertentu.

BACA JUGA:

Dia mengatakan hal itu ditujukan agar pemilu berjalan dengan jujur dan berintegritas. Para demonstran mendesak Jokowi untuk bersikap netral dalam pemilu.

Selain itu, 2 hari yang lalu juga telah terjadi aksi demo yang dilakukan oleh beberapa kalangan yaitu buruh, kelompok sipil, dan mahasiswa. Tepatnya pada tanggal 7 Februari lalu, masih di tempat yang sama, di depan Monas.

Aksi demo ini didasari adanya keinginan untuk menyampaikan aspirasi dari masa yang ikut turun untuk menuntut pemakzulan Presiden Jokowi.

Para massa aksi yang didominasi oleh mahasiswa membawa sejumlah atribut dari masing-masing universitasnya.

Mereka turut membawa spanduk yang menyuarakan kritik terhadap kepemimpinan Jokowi.

Menanggapi aksi demo tersebut, aparat kepolisian dan TNI ikut terjun untuk menjaga beberapa titik untuk menghindari adanya kericuhan yang mungkin terjadi.

Adapun beberapa hal yang disorot dalam aksi demo mahasiswa ini, yaitu 4 jenis tuntut an yang diberikan langsung untuk Jokowi yang dikutip dari KumparanNEWS :

  1. Makzulkan Presiden Jokowi
  2. Boikot parpol yang tak mendukung pemakzulan Presiden Jokowi.
  3. Desak para menteri mundur dari Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin
  4. Menyerukan protes di berbagai daerah di seluruh Indonesia sampai Presiden Jokowi dimakzulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: