Google Perkenalkan Gemini, Model AI Terbesar dan Paling Mumpuni Pengganti Bard

Google Perkenalkan Gemini, Model AI Terbesar dan Paling Mumpuni Pengganti Bard

Google resi mengubah chatbot AI, Bard menjadi Gemini--GoogleBlog

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Perusahaan raksasa teknologi, Google telah resmi mengumumkan bahwa Chatbot AI (Artificial Intelligence) miliknya yakni Bard berganti nama menjadi Gemini AI.

Hal ini diumumkan bersamaan dengan peluncuran aplikasi mobile (Android dan iOS) Gemini di Amerika Serikat.

Perusahaan teknologi ini juga mengatakan bahwa nantinya aplikasi ini akan segera tersedia untuk banyak negara yang juga disertai dengan bahasanya.

Mengutip dari keterangan Cointelegraph, wakil presiden dan manajer umum Google Assistant dan Bard, Sissie Hsiao mengatakan bahwa Chatbot AI yang sudah 11 bulan milik perusahaan kini telah menggunakan nama yang sama dengan Large Language Model (LLM) yang berhasil di adopsinya.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi dan Kecanggihan Fitur Dari Google Pixel Watch 2, Cek Selengkapnya Disini!

BACA JUGA:Google Rilis Fitur Baru Khusus Android, Rencana Penggunaan AI Bikin 4700 CEO Was-was

Gemini akan mewakili LLM Google yang paling canggih yang disebut Ultra 1.0. Dimana Google mengklaim bahwa AI ini jauh lebih mampu melakukan tugas-tugas yang terbilang sangat kompleks, seperti koding, penalaran logis, hingga berkolaborasi dalam proyek-proyek kreatif.

Menurut postingan blog Google, versi premium dari Chatbot adalah Chatbot Gemini Advance yang memungkinkan percakapan bisa lebih panjang, lebih rinci, serta pemahaman yang lebih baik mengenai konteks dari petunjuk sebelumnya.

Chatbot Gemini Advance juga mampu menjadi tutor pribadi, seperti dalam membantu pengkodingan tingkat lanjut dan bertukar pikiran tentang proyek-proyek yang bersifat kreatif.

Gemini Advanced tersedia di lebih dari 150 negara dan wilayah dalam bahasa Inggris dan akan diperluas ke banyak bahasa seiring berjalannya waktu.

Ini merupakan bagian dari Google One AI Premium Plan yang baru, dengan harga 19,99 dolar AS (Rp312 ribu) per bulan, dimulai dengan uji coba dua bulan tanpa biaya.

Pelanggan mendapatkan akses ke kemampuan multimodal yang diperluas, fitur coding interaktif, dan analisis data yang lebih mendalam. Pelanggan AI Premium juga akan segera dapat menggunakan Gemini di Gmail, Docs, Slides, Sheets, dan lainnya.

Selain itu, Google mengumumkan bahwa Gemini juga akan dengan mudah digunakan di ponsel pintar.

"Kami mendengar bahwa Anda ingin cara yang lebih mudah untuk mengakses Gemini di ponsel Anda. Jadi hari ini kami mulai meluncurkan pengalaman seluler baru untuk Gemini dan Gemini Advanced dengan aplikasi baru di Android dan di aplikasi Google di iOS," kata Hsiao.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: