Libur Tahun Baru Imlek di Rumah Saja? Jangan Khawatir, Ini 5 Tontonan Film China Dijamin Seru!

Libur Tahun Baru Imlek di Rumah Saja? Jangan Khawatir, Ini 5 Tontonan Film China Dijamin Seru!

Deretan film untuk menemani perayaan Imlek bersama dengan keluarga--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fa Cai! Selamat Tahun Baru Imlek 2024, semoga kesejahteraan dan kemakmuran selalu mengaruniai kita sepanjang tahun ini.

Imlek atau juga dikenal sebagai Chunjie adalah perayaan tahun baru yang dirayakan oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

Perayaan Imlek didasarkan pada penanggalan lunar Tiongkok dan jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya.

Imlek tahun 2024 jatuh pada tanggal 10 Februari. Kemudian tahun 2024 ini memasuki shio naga kayu atau yang wood on dragon atau jia chen.

Di samping itu, liburan Imlek adalah waktu yang istimewa untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati momen-momen berharga.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini 7 Benda yang Terlarang Jadi Kado Imlek

Satu di antara cara yang asik untuk merayakan liburan Imlek adalah dengan menonton film-film yang bertemakan dari negeri tirai bambu ini.

Buat kamu yang ingin merasakan euforia Imlek, beberapa rekomendasi film China ini bisa menemani waktu liburmu. Penasaran? Let's check this out:

1. So Long, My Son (2019)

Rekomendasi film pertama ada So Long, My Son. Film ini bercerita tentang dua pasang suami istri yang sedang proses beradaptasi dengan perubahan sosial dan ekonomi besar-besaran di China pada tahun 1980-an hingga sekarang. Secara garis besar, film garapan sutradara Wang Xiaoshuai ini menggambarkan kilas balik perjalanan hidup kedua keluarga tersebut.

Film ini menyimpan banyak pengalaman hidup yang rumit. Mulai dari pesan kasih sayang, pernikahan, parenting, pekerjaan, pasang surut dalam hidup, kesedihan, dan perubahan lain yang terjadi di China. So Long, My Son cocok untuk menemanimu di momen Imlek ini karena kamu bisa mengenal budaya China lebih dekat. Psst, So Long, My Son juga berhasil meraih banyak nominasi dan menang di beberapa festival film, salah satunya 69th Berlin International Film Festival.

2. The Farewell (2019)

Dibintangi oleh pemeran Shang-Chi, Awkwafina, The Farewell bercerita tentang keluarga Tionghoa-Amerika yang mendapatkan berita bahwa usia nenek mereka hanya tinggal sebentar lagi. Keluarga besar akhirnya memutuskan untuk tidak memberitahu sang nenek dan mengatur pertemuan keluarga sebelum dia meninggal.

Meski film ini diproduksi oleh rumah produksi Amerika, namun kamu tetap bisa merasakan budaya China yang cukup kental. Bahkan mungkin bisa jadi lebih relate, karena menceritakan tentang keluarga China yang merantau di negara asing dan pulang ke kampung halamannya. Jangan lupa ajak keluarga besarmu untuk menyaksikan film ini bersama. Oh iya, film produksi A24 satu ini juga sukses masuk banyak nominasi, salah satunya Golden Globe Awards.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: