Kabar Baik! Iran Bebaskan Visa Bagi Para Wisatawan Indonesia yang Ingin Berkunjung

Kabar Baik! Iran Bebaskan Visa Bagi Para Wisatawan Indonesia yang Ingin Berkunjung

Wisata Iran-Foto: Unsplash.com/MohamadMahdiAbbasi-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kebijakan bebas visa ini ditujukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Iran, khususnya pasca pandemi Covid-19.

Ali-Reza Bigdeli, Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Konsuler dikutip dari Antara, mengonfirmasi bahwa warga negara dari 28 negara akan diberikan bebas visa masuk ke Iran.  

Namun dengan catatan, bebas visa hanya berlaku bagi mereka yang bepergian ke Iran melalui udara, bukan melalui penyeberangan perbatasan darat.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Konsuler Ali-Reza Bigdeli mengatakan pembebasan visa ini hanya berlaku untuk perjalanan melalui udara.

BACA JUGA:

Sehingga untuk perjalanan darat, wisatawan tetap harus menggunakan visa. Menurut kantor berita IRNA, Bigdeli mengatakan kementerian telah memberi tahu semua badan terkait mengenai perintah Kabinet mengenai keputusan sepihak ini.

Selain Indonesia, 27 negara lainnya yang bebas visa adalah Arab Saudi, Qatar, UEA, Bahrain, Kuwait, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Tunisia, Tanzania, Mauritania, Zimbabwe, Mauritius, Seychelles, Jepang, Singapura, Kuba, Vietnam, Kamboja, Brunei, Brazil, Meksiko, Peru, Kroasia, Serbia, Bosnia dan Herzegovina, Belarus, dan India.

Keputusan ini sejalan dengan hubungan diplomatik Iran dengan Arab Saudi yang telah pulih setelah tujuh tahun mengikuti negosiasi maraton antara musuh bebuyutannya yang dimediasi oleh Irak, Oman, dan Tiongkok.

Selain mempromosikan pariwisata, Iran juga berusaha memperkuat hubungan diplomatik dan budaya dengan berbagai negara di Amerika Latin, Asia Selatan, dan Asia Tengah.

Kebijakan bebas visa ini mencerminkan upaya Iran dalam memulihkan dan memperbarui hubungan diplomatik, seperti yang terlihat dalam perbaikan hubungan dengan Arab Saudi, UEA, dan Kuwait.

Dengan adanya kebijakan bebas visa, terbuka peluang bagi wisatawan Indonesia untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata unik dan menarik di Iran, seperti landmark Masjid Nasir al-Mulk, jembatan Si-o-se-pol, hingga Persepolis.

Menteri Pariwisata Ezzatollah Zarghami sebelumnya menyatakan, pemberian keringanan visa memiliki beberapa tujuan seperti menghidupkan kembali sektor pariwisata negara. Industri pariwisata Iran sempat anjlok akibat pandemi yang berlangsung pada 2020 silam.

BACA JUGA:

Akan tetapi, sejak pertengahan tahun 2023, industri pariwisata di Iran mulai kembali pulih. Untuk mendapatkan daya tarik wisatawan asing, Iran memberikan intensif lain, termasuk keringanan visa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: