Alokasi Dana Inpres di Bengkulu Capai Rp400 Miliar di 2024, Salah Satunya untuk Jalan Daerah

Alokasi Dana Inpres di Bengkulu Capai Rp400 Miliar di 2024, Salah Satunya untuk Jalan Daerah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat menjelaskan alokasi Dana Inpres Bengkulu sebesar Rp 400 Milyar di kabupaten Bengkulu Utara Foto : Humas --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Pembangunan di Bengkulu tetap berjalan on the track. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah rutin ke daerah untuk memastikannya program kerja berlangsung lancar.

Seperti pada Minggu 28 Januari 2024 Kunjungan kerja dan silaturahmi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah diteruskan ke Kabupaten Bengkulu Utara.

Kabupaten Bengkulu Utara beribukota, Kota  Arga Makmur, jaraknya sekitar 63,95 KM dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan, menggunakan kendaraan roda 4

Saat di Bengkulu Utara lebih spesifik, Gubernur Bengkulu ke-10 ini menyampaikan kepada masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara.

Penyampaian  terkait perbaikan atas pembangunan jalan lintas Bengkulu Utara - Lebong yang telah terlaksana melalui Dana Inpres tahun 2023, dengan total anggaran 600 milyar rupiah untuk 7 kabupaten. 

Gubernur Bengkulu Rohidin Menjelaskan untuk tahun 2024 anggaran Dana Inpres untuk Provinsi Bengkulu sebesar Rp 400 milyar rupiah lebih. 

Dana Inpres atau Dana Instruksi Presiden, diberikan untuk  setiap Provinsi di seluruh Indonesia. Khusus tahun 2024 total anggaran Dana Inpres mencapai besaran Rp 15 T alias mengalami kenaikan dibanding dana Inpres 2023 yang sebesar Rp14, 6 triliun.

Dana  Inpres dialokasikan secara nasional untuk  pembangunan jalan di daerah yang pada tahun 2024 ini dengan total kurang lebih 2.800 KM 

Dana tersebut untuk di Bengkulu diperuntukkan bagi perbaikan jalan lintas yang masih rusak di wilayah Bengkulu Utara dan perbaikan jalan lintas di wilayah kabupaten lainnya. 

"Mudah-mudahan awal Maret atau April 2024 ini segera lelang kembali untuk beberapa ruas jalan lagi yang mengalami kerusakan, ''ucap Rohidin Mersyah.

Hal ini bisa terjadi karena adanya usulan dari masyarakat, pemerintah daerah hanya sebagai penyambung informasi kepada pemerintah pusat sesuai dengan kewenangannya.

Sama seperti halnya di kabupaten sebelumnya, di Bengkulu Utara Gubernur Rohidin juga menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Pesan gubernur adalah untuk terus menjaga kondusifitas terkait pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 serta diteruskannya program Universal Health Coverage  (UHC) dan pemasangan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu.

"Jadi tidak ada alasan lagi bagi masyarakat Bengkulu tidak dilayani untuk berobat, baik di puskesmas ataupun rumah sakit. 'Alhamdulillah Pemprov Bengkulu di tahun 2024 telah mencapai UHC hampir menyentuh angka 100 persen," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: