Jangan Tergiur Harga Murah, Ini Dampak Buruk Penggunaan Busi Palsu pada Motor, Cek Perbedaannya di Sini

Jangan Tergiur Harga Murah, Ini Dampak Buruk Penggunaan Busi Palsu pada Motor, Cek Perbedaannya di Sini

Busi salah satu bagian penting dalam kendaraa, dan berbahaya jika menggunakan yang palsu--NGK

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hampir semua komponan pada kendaraan, baik sepeda motor atau pun mobil, selalu ada imitasinya. 

Bahkan seiring dengan kemajuan teknologi, hampir tak lagi bisa dibedakan mana barang asli mana yang palsu. 

Dari sekian banyak komponen atau parts kendaraan yang dipalsu, salah satunya yang sampai saat ini masih banyak ditemui adalah busi

Walau bentuknya kecil, namun busi bagi memiliki perang yang tak boleh diremehkan lantaran terkoneksi langsung dengan performa kendaraan, terutama masalah pembakaran. 

Banyak pemilik kendaraan sulit membedakan mana busi yang aspal mana yang palsu, apalagi bila membelinya via toko online. 

Tapi yang patut diketahui, buat yang terlanjur mengkonsumsi busi palsu, ada dampak negatif yang bisa ditimbulkan.

BACA JUGA:Wow! All New Yamaha NMAX S 2024, Motor Matic Irit Bensin dengan Banyak Keunggulan

BACA JUGA:TVS Callisto 125 Hadir di Indonesia dengan Gaya Retro Classic, Segini Harganya

Dampak Buruk Penggunaan Busi Palsu

Pakai busi palsu atau KW ternyata punya efek negatif buat mesin motor, untuk itu jangan hanya tergiur dengan murahnya harga busi palsu di pasaran. 

Sebab dampak pemakaian busi palsu ke mesin motor bisa bikin repot. Efek busi palsu buat mesin motor yang paling menyusahkan itu 

"Busi palsu itu yang dikatakan menggunakan material yang terbuat dari nikel ternyata bukan, itu pakai besi dan dapat menimbulkan residu," kata Technical Support Product Specialist NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano yang dikutip pada laman resmi NGK pada Kamis, 25 Januari 2024.

Diko menambahkan, residu yang dihasilkan dari besi tidak akan bisa melebur layaknya busi asli yang akan menjadi debu. Alhasil akan menyebabkan banyak masalah yang timbul.

"Dalam jangka pendek busi tidak akan berfungsi lagi dan kalau dibiarkan bisa bikin mesin jebol karena ada pembakaran baru di dalam ruang bakar," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: