7 Tips Mendidik Anak agar Tak Kecanduan Gadget yang Perlu Orang Tua Ketahui

7 Tips Mendidik Anak agar Tak Kecanduan Gadget yang Perlu Orang Tua Ketahui

Ilmu Parenting ala Rasulullah yang patut dicontoh orang tua-Foto: Ilustrasi-pexels.com/Andrea

4. Libatkan anak dalam aturan dan keputusan

Libatkan anak-anak dalam menetapkan aturan dan keputusan terkait penggunaan gadget. Diskusikan bersama batasan waktu, jenis konten yang diperbolehkan, dan tempat penggunaan gadget. 

Dengan melibatkan anak-anak, mereka akan merasa memiliki tanggung jawab dan melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini dapat meningkatkan dukungan mereka terhadap aturan yang ditetapkan.

BACA JUGA:

5. Temukan kegiatan yang menarik di dalam penggunaan gadget

Gadget juga dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang menarik bagi anak-anak. Carilah aplikasi edukatif yang sesuai dengan usia dan minat anak-anak. 

Dengan menggabungkan kegiatan pembelajaran yang menarik dalam gadget, anak-anak akan belajar sambil tetap mengembangkan keterampilan mereka.

6. Pantau dan awasi penggunaan gadget anak 

Orang tua perlu terus memantau dan mengawasi penggunaan gadget anak-anak. Periksa aplikasi yang mereka unduh, jenis konten yang mereka akses, dan interaksi online mereka. 

Jelaskan kepada mereka tentang bahaya dunia maya dan berikan aturan yang konsisten terkait penggunaan gadget.

7. Berikan waktu berkualitas dengan anak 

Berikan waktu berkualitas dengan anak-anak tanpa gadget. Ajak mereka berbicara, bermain, atau berinteraksi secara langsung. 

Berikan perhatian penuh saat anak bercerita apa yang mereka alami di sekolah atau kegiatan lainnya. Ini akan membantu mengembangkan kemampuan sosial dan komunikasi anak.

BACA JUGA:

Melakukan pendidikan anak agar tidak kecanduan gadget memang membutuhkan kesabaran dan konsistensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: