10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Labu Siam.-Foto: Instagram.com/@rootoflifeuk-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Labu Siam, merupakan tanaman subtropis yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan mengandung vitamin A, B, dan C. Waluh atau Gamas, begitu sebutan yang terkadang dilontarkan orang Sunda Sukabumi ketika menggambarkan Labu Siam ini.

Mengutip US Department of Agriculture dari 203 gram labu siam mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 39
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 1,7 gram
  • Serat: 3,5 gram

Dimana buah yang sering dianggap sayuran ini dikutip dari situs alodokter.com memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker.

Labu siam sendiri memiliki bentuk yang menyerupai buah pir, dengan kulit buah berwarna hijau muda dan sedikit berkeriput. Selain sebagai campuran sayur dan lauk, tanaman dengan nama latin Sechium edule ini juga dapat dikonsumsi langsung setelah dicuci.

BACA JUGA:

Misalnya saja, kandungan asam folat dalam labu siam bisa dikonsumsi secara rutin untuk membantu perkambangan bayi sejak dalam kandungan. Selain itu, kebutuhan diet pun bisa dengan memakan labu siam.

Hingga kesehatan jantung dapat terjaga dengan mengonsumsi labu siam. Pada dasarnya hidup sehat tak begitu sulit, cukup konsisten menjalankannya. Selain berolahraga, asupan makanan yang kaya vitamin juga sangat penting.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat dan nutrisi yang terdapat dalam labu siam. Simak ulasannya pada artikel di bawah ini!

1. Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam labu siam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

2. Kaya Antioksidan

Labu siam kaya akan antioksidan dan vitamin khususnya vitamin B9 (folat), vitamin C, polifenol, dan asam amino. Labu siam juga mengandung mineral penting, seperti magnesium dan kalsium penguat tulang. Tinjauan studi tentang labu siam yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry menemukan hubungan antara konsumsi labu siam dan penyakit kronis. Namun, penulis mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya senyawa dan manfaat terpentingnya.

3. Menurunkan Kadar Asam Urat

Sebagai sumber makanan rendah purin dan tinggi serat, sehingga tidak diragukan lagi labu siam dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat. Untuk itu labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: