Terjawab Sudah, Ternyata Gegara Ini Mobil FWD Digemari di Indonesia: Sistem Roda Depan Lebih Kekinian!

Terjawab Sudah, Ternyata Gegara Ini Mobil FWD Digemari di Indonesia: Sistem Roda Depan Lebih Kekinian!

Sistem FWD lebih digemari di Indonesia karena lebih ekonomis dan performa lebih baik--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sistem penggerak roda pada mesin terbilang cukup beragam, mulai dari peggerak roda depan, belakang, 4X4, hingga AWD.

Seiring perkembangan zaman, saat ini semakin banyak mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan.

Namun tahukah kalian alasan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD) padad mobil semakin di gemari di Indonesia?

BACA JUGA:Jajal Perjalanan Jakarta-Bogor-BSD, Segini Konsumsi Daya BYD Dolphin

Sejarah Front Wheel Drive (FWD) pada Mobil

Sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD) merupakan penggerak roda yang meneruskan tenaga dari mesin menuju ke ban menggunakan differential pada kotak transmisi. Tenaga dari mesin dihantarkan pada transmisi roda depan.

Sistem FWD sudah diperkenalkan pada tahun 1771 oleh Nicholas Joseph Cugnot, ilmuwan asal Perancis. Saat itu, Joseph menggunakan mobil berpenggerak roda depan bernama Fardier a Vapeur. Mobil roda 3 ini menjadi mobil pertama yang menggunakan penggerak roda depan dan digunakan untuk keperluan militer.

Pada tahun 1905, sistem penggerak roda depan dikembangkan oleh ilmuwan asal Amerika Serikat bernama Walter Christie. Christie memasangkan sistem FWD pada mobil beroda 4 yang kemudian disempurnakan dan diaplikasikan oleh berbagai produsen otomotif.

BACA JUGA:Keren! Baru 6 Detik GWM Tank 330 Terpesan 1000 Unit di China

BACA JUGA:Suzuki Jimny 5 Pintu Segera Meluncur, Intip Harga dan Perbedaan 3 Pintu di Sini

Alasan Mengapa Penggerak Roda Depan Lebih Digemari

Seperti sudah diketahui, sistem penggerak dari sebuah mobil mempunyai peran sangat penting karena akan menentukan seperti apakah karakter dari kendaraan bersangkutan. 

Mobil-mobil versi terbaru ternyata mulai memanfaatkan penggerak depan. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena pabrikan tersebut memperhatikan sisi ekonomis maupun performa didalamnya sebagai bahan pertimbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: