Intip Profil Lengkap Duo Moderator Debat Keempat Capres-Cawapres 2024 Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar

Intip Profil Lengkap Duo Moderator Debat Keempat Capres-Cawapres 2024 Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar

Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti.-Foto: Instagram.com/@zilviaiskandar-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Pemilihan moderator dengan komposisi dua perempuan ini merupakan kali pertamanya yang dilakukan oleh KPU. Sebelumnya, formasi moderator selalu berpasangan laki-laki dan perempuan.

Komisioner KPU August Mellaz menerangkan pemilihan moderator ini diputus berdasarkan kompetensi dan representasi dari stasiun televisi penyelenggara. Dua nama itu nantinya akan memandu proses debat keempat. Debat akan berlangsung selama 120 menit.

Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar, dua moderator perempuan yang akan memandu acara debat keempat Pilpres 2024.

Diketahui, debat yang diikuti oleh para cawapres ini akan berlangsung pada Minggu, 21 Januari 2024 malam, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

BACA JUGA:

Profil Retno Pinasti

Retno Pinasti merupakan perempuan kelahiran 10 Januari 1976. Ia merupakan seorang jurnalis yang memulai kariernya di TVRI pada 1997. Alumni fakultas Bahasa Inggris Universitas Gajah Mada ini, bekerja di TVRI selama empat tahun. Pada 2001, ia berpindah ke saluran Trans TV. Pada tahun tersebut, Retno sempat menjalani pendidikan di Universitas London, Inggris. Bahkan, ia menjadi presenter sekaligus video journalist di Independent Television News (ITN) pada 2002. Setahun kemudian, Retno kembali ke Indonesia dan bergabung dengan SCTV pada 2003. Pada 2005, Retno menjadi jurnalis di Voice of America (VOA), Washington D.C., Amerika Serikat. Beberapa tahun kemudian, ia kembali ke SCTV, tepatnya pada 2011. Pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019, Reno dipercaya menjadi moderator debat Capres. LinkedIn milik Retno Pinasti, saat ini, ia bekerja sebagai Editor in Chief di SCTV dan Indosiar sejak Maret 2022. Selain itu, Retno menjabat sebagai Special Assistant to Chairman di Emtek sejak 2016. Adapun prestasi yang pernah diraihnya, yakni Best Talkshow Presenter NomineeBest Talkshow Presenter Nominee KPI Awards pada 2014. Kemudian, Recipient of Chevening AwardRecipient of Chevening Award, dikeluarkan oleh FCO UK, 2001.

BACA JUGA:

Profil Zilvia Iskandar 

Zilvia Iskandar merupakan jurnalis dan pembawa berita yang kini bekerja di stasiun televisi Metro TV. Wanita kelahiran 2 Februari 1990 ini, merupakan keturunan Tionghoa dengan nama kecil Aling. Zilvia Iskandar adalah salah satu jurnalis ternama di Indonesia. Sosoknya sudah sering tampil di layar kaca membawakan berbagai acara berita. Zilvia Iskandar menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Bangka Belitung. Ia menempuh pendidikan hingga SMA di sebuah wilayah bernama Manggar, Belitung Timur. Selama menjalani sekolah menengah, Zilvia aktif berorganisasi dan mengikuti berbagai perlombaan. Di usianya ke-16, Zilvia terpilih sebagai duta wisata wilayah setempat, yaitu Dayang Belitung Timur dan Dayang Bangka Belitung selama dua tahun berturut-turut. Begitu lulus SMA, Zilvia memutuskan untuk pindah ke Jakarta untuk berkuliah. Zilvia menempuh pendidikan tinggi di Bina Nusantara (BINUS) University jurusan Sastra Inggris. Tak hanya aktif berorganisasi, Zilvia juga unggul di bidang akademik. Hal ini terbukti dari prestasinya yang berhasil menjadi lulusan terbaik 2012 dengan predikat summa cum laude. Setelah menyelesaikan kuliahnya, Zilvia mulai meniti karier sebagai jurnalis. Ia memutuskan untuk bergabung ke Metro TV pada 2012 lewat Journalist Development Program dan menjadi reporter. Ia banyak menangani liputan-liputan yang berkaitan dengan politik dan hukum. Setelah hampir satu tahun bergabung dengan Metro TV, Zilvia akhirnya ditunjuk menjadi presenter sebuah acara berita di Metro TV pada 2013. Acara pertama yang ia bawakan di stasiun televisi tersebut adalah Headline News dan Metro Malam. Berkat kepiawaiannya dalam membawakan acara, Zilvia sering ditunjuk untuk menjadi pembawa acara berbahasa Indonesia maupun Inggris. Ia pernah terlibat dalam acara spesial Pemilu, yaitu Partai Bicara (2019) dan Kandidat Bicara (2018) yang tayang di Metro TV. Tak hanya itu, Zilvia pernah membawakan acara dialog eksklusif bersama mantan Ketua KPK Antasari Azhar dalam program Metro Pagi Primetime. Sepanjang kariernya di bidang jurnalis, Zilvia berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan. Salah satu penghargaan bergengsi yang pernah ia terima adalah sebagai Presenter Berita Terbaik dari Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2017. Ia juga masuk dalam nominasi Best Current Affairs Presenter di Asian Television Awards 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: