Mahfud MD Tanggapi Soal SDA dan Energi di Debat Cawapres Begini

Mahfud MD Tanggapi Soal SDA dan Energi di Debat Cawapres Begini

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD saat debat Cawapres di JCC, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024.-Foto: Instagram.com/@tpnganjarmahfud-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mahfud MD calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 menyampaikan dalam debat cawapres yang digelar semalam di JCC, JAKARTA pada Minggu, 21 Januari 2024 bahwa SDA Indonesia sangat kaya, namun belum tercapainya kedaulatan pangan.

Bahkan, lahan pertanian bagi para petani pun semakin sedikit dan subsidi pupuk semakin besar.

"Sebenarnya persoalan penyelesaian SDA dan energi selalu harus menyeluruh dari hulu ke hilir. Keterbukaan informasi agraria, termasuk kehutanan misalnya," ujar Mahfud saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu 21 Januari 2024.

Pada kesempatan ini, Cawapres nomor urut 3 juga menceritakan pengalamannya saat menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Dia berpengalaman dalam sidang-sidang yang membicarakan mengenai agraria.

BACA JUGA:

“Ketika dibuat daftar, ndak ada di dalam daftar, sementara ada masyarakat yang punya data. Jadi penyelesaian ndak bisa menyeluruh karena kemudian atas nama keterbukaan informasi publik mereka katakan ini rahasia,” ucapnya.

“Tidak bisa rahasia itu kan bukan yang tentang data perampasan tanah-tanah rakyat. Kasus-kasusnya di mana siapa yang menyerobot perkebunan sawit, itu kan harus daftarnya lengkap,” jelas Mahfud.

Namun, Mahfud tidak melihat pemerintah saat ini melakukan langkah-langkah tepat untuk menjaga kelestarian lingkungan alam.

"Pasti ada yang salah, petaninya sedikit, lahan sedikit, kok subsidinya setiap tahun naik. Pasti ada yang salah. Laut kita berlimpah, udara kita meracuni paru-paru kita," tegasnya.

Selanjutnya, Mahfud menegaskan pentingnya keterbukaan informasi dari seluruh elemen dan pihak.

"Penting bagi kita keterbukaan informasi tentang data, data itu jadi basis untuk penyelesaian," katanya, menegaskan.

Oleh karena itu, Mahfud menekankan bahwa dia bersama capres Ganjar Pranowo mempunyai sejumlah program untuk menumbuhkan sektor pertanian dan nelayan di Tanah Air, seperti Petani Bangga Bertani dan Di Laut nelayan Sejahtera.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: