Ketombe Kering Susah Hilang? Berikut 5 Cara Mudah Menghilangkannya Menurut Para Ahli!

Ketombe Kering Susah Hilang? Berikut 5 Cara Mudah Menghilangkannya Menurut Para Ahli!

Cara Mudah Menghilangkan Ketombe dengan bahan dapur-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masalah ketombe kering ternyata mudah di hilangkan. Ketombe kering merupakan masalah klasik bagi orang tinggal di wilayah tropis seperti di Indonesia.

Serpihan putih kecil ini sangat mengganggu dan kentara ketika memakai kaos hitam polos. Hal ini tentu membuat berkurang rasa percaya diri di pergaulan keseharian.

Ketombe memang bisa mengganggu penampilan terutama di tempat umum. Ketombe juga dikenal sebagai kondisi melemahnya kulit kepala yang kerap disebabkan karena cara menyisir rambut yang salah, stres hingga kulit kering.

Lalu sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menghentikannya? Asal kondisinya belum parah, sebenarnya kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah. Di artikel Radarpena berikut ini akan kita bahas bagaimana cara menghilangkan ketombe kering yang bisa kamu coba!

BACA JUGA:

1.  Mulailah untuk Keramas Secara Teratur

Saat ini banyak sekali produk sampo untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk mengatasi ketomber kering. Dengan melakukan keramas secara teratur, dapat membantu masalah ketombe yang sangat mengganggumu. Langkah ini juga membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

“Saat ini ada konsep bahwa kamu perlu membiarkan minyak alami bertahan lebih lama di kulit kepala, tetapi hal itu dapat menambah masalah,” jelas Elizabeth Cunnane-Phillips, seorang pakar trikologi dikutip dari laman The Cut.

“Minyak dan sel kulit mati semakin menumpuk akibat jarangnya mencuci rambut. Pasien yang rentan terhadap ketombe atau dermatitis seboroik harus mencuci rambut secara teratur, minimal beberapa kali seminggu untuk mengurangi penumpukan,” tambah Jessica Weiser, seorang dokter dan juga pakar kulit dikutip dari laman yang sama.

2.  Cobalah Lakukan Eksfoliasi Kulit Kepala

Langkah ini cukup penting untuk menghilangkan ketombe kering. Ini merupakan proses pengelupasan kulit kepala dengan lembut untuk mengangkat lapisan atas kulit kering.

Eksfoliator biasanya akan mengangkat kulit mati dengan sedikit asam salisilat yang lebih sering ditemukan pada produk jerawat.

"Ini sangat membantu dalam memecah sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan pengelupasan," jelas Weiser.

Kamu bisa gunakan scrub eksfoliasi rambut setelah dikeramas dua kali seminggu. Pastikan untuk membaca petunjuknya agar kamu menerapkan cara yang tepat pada rambut. Jadi, jangan membiarkan ketombe kering terlalu lama biar tidak semakin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: