Carok di Bangkalan Tewaskan 4 Orang, Apa Itu Carok?

Carok di Bangkalan Tewaskan 4 Orang, Apa Itu Carok?

Lokasi terjadi Carok di Bangkalan, Madura, Jumat 12 Januari 2024 malam-Foto : Facebook -

BACA JUGA:Lengkap! Bacaan Niat hingga Tata Cara Mengqadha Puasa Ramadan: Hukumnya Wajib!

"Begitu tiba di TKP salah seorang pelaku mengejar korban, di situ lah kurang lebih ada 4 orang, sehingga terjadi duel 2 lawan 4 di TKP. Saat ini empat korban meninggal tengah dilakukan otopsi di RSUD Syamrabu,” jelas Kapolres Bangkalan.

Carok Adalah 

Menurut Retno Hastijanti dalam buku 'Pengaruh Ritual Carok Terhadap Pemukiman Tradisional Madura' terbut Juli 2005, Carok adalah tindakan pembunuhan yang dilakukan oleh masyarakat Madura untuk mempertahankan harga diri dari pelecehan orang lain.

Penyebab utamanya yaitu terjadinya pelecehan terhadap istri orang lain atau sengketa tanah dan sumber daya alam.

Carok dilakukan dengan dua cara, yaitu ngonggai dan nyelep. Senjata yang digunakan hanya celurit. Persyaratan melakukan Carok yaitu kadigdajan, tampeng sereng, dan banda.

Ardhana Supriyadi dan Wahyuni dalam buku 'Pergeseran Makna Carok Bagi Masyarakat Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep' terbit 2017, dalam masyarakat Madura, melecehkan istri dan anak orang lain merupakan hal yang memalukan bagi suaminya dan keluarganya.

Masyarakat Madura menganggap istri sebagai bagian dari kehormatan laki-laki, sehingga bentuk pelecehan apapun berarti mencari kematian.

Salah satu prinsip hidup masyarakat Madura yaitu membalas sesuatu sama persis dengan perbuatan yang diterimanya. Bila ada anggota keluarga yang terbunuh, maka keluarganya juga akan membalas dengan cara yang sama. 

Pemenang Carok selalu menyimpan baju dan senjata lawan yang dibunuhnya dan kemudian memberikannya kepada anak dan kerabat dekat pelaku Carok yang terbunuh. 

Tujuannya adalah untuk membalaskan dendam atas kematiannya. Hal ini membuat Carok menjadi sesuatu yang diwariskan secara turun temurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: