Prabowo Sindir Anies Soal Lahan 340 Ribu Hektare Miliknya

Prabowo Sindir Anies Soal Lahan 340 Ribu Hektare Miliknya

Debat Capres 2024, di Istotra Senayan pada Minggu 7 Januari 2024.-Foto: Instagram.com/@aslifakta-

"Sebelum saya menjawab pertanyaan itu, saya mau mengklarifikasi data yang meleset. Maaf Pak Prabowo angkanya terlalu kecil bukan 320 hektare tapi 340 ribu hektare, saya klarifikasi," kata Anies.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan 'serangannya' kepada Prabowo yang tidak lain adalah Menteri Pertahanan aktif saat ini. Dia menyinggung anggaran besar yang tidak teralokasikan sebagaimana mestinya. 

Atas pernyataan Capres nomor urut 1 itu, Prabowo Subianto langsung beri sindiran untuk pihak yang menyinggung dirinya yang memiliki tanah berhektar-hektar.

Hal tersebut disampaikan Prabowo Subianto pada acara konsolidasi relawan se-Riau di Gelanggang Olahraga Remaja, Pekanbaru, Selasa 9 Januari 2024.

“Saudara-saudara ada pula yang nyinggung, punya tanah berapa, punya tanah ini, dia pintar atau g****k sih,” ucap Prabowo.

Ia lebih lanjut mempertanyakan, apakah pihak yang menyebutnya dirinya punya tanah memahami soal hak guna bangunan atau tidak. Sebab menurutnya, tanah yang disebut sebagai miliknya adalah lahan milik negara.

“Dia ngerti nggak ada HGU, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, iya kan, itu tanah negara saudara, tanah rakyat tanah bangsa,” jelas Prabowo, dikutip dari channel YouTube KompasTV.

Prabowo menyebut dari pada lahan ribuan hektare tersebut dikuasai orang asing, lebih baik ia yang mengelola. Namun dia berjanji jika dibutuhkan siap menyerahkan pada negara.

"Tapi, mana kali pemerintah memerlukan saya segera menyerahkan. Nggak usah dibawa-bawa debatlah. Anda hanya memperlihatkan ketololan Anda. Dan saudara-saudara, beberapa tahun lalu, saksinya ada. Ini kebetulan saja Pak Jokowi juga ada, presiden saya Menteri Pertahanan. Saya diberi tugas beliau untuk membangun food estate, lumbung pangan 3 tahun lalu kami sudah antisipasi akan ada krisis pangan," katanya.

Kemudian Prabowo mengajukan sejumlah lahan untuk digunakan. Prabowo mengungkap sebelum jadi Menteri Pertahanan sudah punya 500 ribu hektare lahan HGU, bukan 340 seperti yang diungkap Anies dalam debat.

"Waktu itu mengajukan lahan ini dan itu. Saya waktu itu, saksinya ada, bisa dicek sendiri. 'Bapak Presiden, saya sebelum menjadi menteri saya menguasai lahan hak guna usaha'. Kemarin juga salah-salah ngomong itu, bukan 340 ribu hektare, mendekati 500 ribu hektare," katanya.

Prabowo lalu mengungkap ada yang sengaja mengungkit lahan HGU-nya. Namun data tersebut salah. Saat itulah Prabowo mengungkap sudah ada lahan yang diserahkan ke negara. 

Hanya saja tak dijelaskan berapa luasan lahan yang diserahkan Prabowo dari total 500 ribu hektare lahan HGU-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: