Digempur Brigade Al-Qassam, Israel Tarik Pasukan dari Gaza Utara Pindah ke Selatan

 Digempur Brigade Al-Qassam, Israel Tarik Pasukan dari Gaza Utara Pindah ke Selatan

Pasukan Israel di tepi barat Gaza-foto : Anadolu Ajensi-

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Israel hampir menarik seluruh Pasukannya yang masih menduduki di Gaza Utara Palestina. Beragam spekulasi bermunculan, antara Israel telah kalah dalam perang tersebut

Israel hanya meninggalkan 2 grup pasukan saja di  wilayah Al-Tawam dan Menara Al-Makousi yang membentang dari Utara Gaza sampai ke Kota Gaza.

Penarikan pasukan tersebut buntut dari derita kekalahan tentara Israel akibat digempur pasukan Brigade Al-Qassam dan mampu mengepung tentara israel di daerah Bani Suhaila.


Israel melancarkan taktik baru dengan menarik pasukan di Gaza Utara dan menyerang Gaza Selatan saat bertempur dengan Pasukan Pembebasan Palestina Foto : CNN Indonesia --

BACA JUGA:Kolaborasi dengan Aspire Academy, Ketum PSSI: Tak Banyak Figur yang Murni Ingin Majukan Sepak Bola

Penarikan yang dilakukan israel berlaku pula buat satuan-satuan tempur mereka seperti kendaraan Lapis Baja (tank), dan Humvee yang bergerak menyisiri jalan berdebu diantara puing-puing di Gaza yang terdapat di jalur Gaza.

Penarikan tersebut sudah dilakukan sejak Kamis 6 Januari sampai dengan Sabtu 8 Januari 2024 waktu setempat. 

Meski begitu ada yang menyebutkan penarikan Militer israel di wilayah Utara Gaza sebagai taktik dari Israel, mereka kemudian melakukan serangan lebih intensif di wilayah Gaza Selatan. 

Penarikan pasukan Israel dari  Wilayah Utara dan melakukan peningkatan serangan ke Wilayah Gaza Selatan dinilai sebagai isyarat, tentara Israel ingin memulai fase baru dalam serangannya. 

BACA JUGA:Hokben, Usaha Asal Indonesia Menunya Ala Negeri Matahari

Inipula sekaligus menandakan perang akan memakan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan, ''ungkap salah seorang Pejabat Israel yang tak mau disebutkan namanya 

Sementara itu Laporan lapangan yang dilansir dari Al-Mayadeen menyebutkan penarikan israel atas tentaranya  mengidikasikan Israel sudah mulai mengalami kekalahan dalam perang yang hampir memasuki bulan keempat sejak perang pecah 7 Oktober 2023 lalu.

Israel kata sumber tersebut hanya menyisakan pasukan di dua titik saja yakni Wilayah al-Tawan dan Menara al-Makaousi yang merupakan jalur utama pasokan dan jalur penting untuk  tempat penarikan pasukan, ''bebernya.

Sumber tersebut juga mengatakan pasukan IDF justru tidak mundur, dari jalan 10, yang memotong antara Kota Gaza dan Jalur Gaza tengah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: