Coret dari Kalender Balap! Formula E dan WSBK Ditiadakan di Indonesia, Ternyata Begini Penyebabnya

Coret dari Kalender Balap! Formula E dan WSBK Ditiadakan di Indonesia, Ternyata Begini Penyebabnya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Balapan besar kelas dunia Formula E dan World Superbike Championship WSBK ditiadakan di Indonesia pada musim 2024.

WSBK adalah seri balapan internasional pertama yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada November 2021. WSBK Mandalika  terakhir digelar pada 4 - 5 Maret 2023 lalu.

WSBK yang berdiri pada 1988, Amerika Serikat yang menjadi tuan rumah saat pertama kali gelaran tersebut dilaksanakan.

Untuk musim balapan WSBK tersaji  pada pertengahan Febuari sampai dengan akhir Oktober.

Namun WSBK hanya terdiri dari 13 seri, sementara MotoGP tersaji dalam 19 seri.

Hal tersebut resmi diumumkan melalui Federasi Otomotif Internasional (FIA) pada 20 Oktober 2023, Indonesia tak lagi masuk dalam kalender balap Formula E 2024.

Balapan Formula E 2024 yang akan digelar di Ancol, Jakarta pada 8 Juni 2024. Formula E yang merupakan ajang balap mobil listrik kursi tunggal Internasional.

Federasi Otomotif Internasional (FIA) juga menyebutkan bahwa Formula E di Jakarta berlangsung bersamaan dengan pemilihan umum.

BACA JUGA:

“Acara yang direncanakan di Jakarta pada Sabtu, 8 Juni, tidak akan dilanjutkan setelah pengumuman masa kampanye pemilihan presiden Indonesia selama sebagian besar bulan Juni,” tulis akun resmi FIA.

Waktu pelaksanaan Formula E 2024 bersamaan dengan adanya kampanye pilpres yang akan dilaksanakan dua putaran pada Juni 2024.

Gelaran Formula E di Jakarta yaitu di Ancol yang baru berjalan selama dua kali pada 2022 dan 2023 lalu.

Hal tersebut berdampak dengan pengiriman logistik balapan di jalan Ibu Kota dengan waktu yang bersamaan.

Namun Indonesia yang belum murni dicoret sebagai tuan rumah Formula E, hanya saja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mempunyai kontrak kerja sama dengan FIA selama lima musim kedepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: