Menhub Budi Karya Antisipasi Lonjakan Arus Balik di TransJawa

Menhub Budi Karya Antisipasi Lonjakan Arus Balik di TransJawa

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengantisipasi lonjakan kendaraaan pada puncak arus balik libur Nataru di Trans Jawa. 

Sebab, kata dia, puncak arus balik akan berlangsung selama dua hari, Senin 1 Januari 2024-Selasa 2 Januari 2024. 

"Untuk itu, malam ini kami mengadakan rapat koordinasi (rakor) untuk melakukan evaluasi. Dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi," kata Budi di Jawa Tengah dalam keterangan tertulis, Minggu 31 Desember 2023, malam.

BACA JUGA:Usai Ditetapkan Pemenang Utama SBS Drama Awards 2023, Lee Je Hoon Sampaikan Pidato Menyayat Bagi Mendiang Lee Sun Kyun

Dia menegaskan, beberapa hal menjadi perhatian Kemenhub mengantisipasi lonjakan kendaraan di Trans Jawa. 

"Yaitu, lonjakan kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung dan lonjakan penumpang angkutan umum di simpul transportasi," ujar Budi. "Seperti di bandara, stasiun, dan terminal," sambungnya. 

Dia juga menjelaskan sejumlah langkah antisipasi akan dilakukan Kemenhub dan instansi terkait. 

BACA JUGA:Arus Balik Libur Nataru, Jasa Marga Diskon Tarif 3 Januari 2024 di Tol Trans Jawa

"Yaitu, melakukan rekayasa lalu lintas yang diberlakukan secara situasional. Seperti, contra flow atau one way," kata Budi.

Kemudian, pengawasan terhadap truk sumbu tiga atau lebih yang masih melanggar aturan pembatasan operasional sementara pada masa libur Nataru. 

"Hingga mensosialisasikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan balik pada 1 dan 2 Januari 2024, untuk menghindari kepadatan," kata Budi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: