Terbelah, Limpahan Suara Pemilih Jokowi 2019 Kemana? Ini Hasil Survei Terbaru Polling Institute

Terbelah, Limpahan Suara Pemilih Jokowi 2019 Kemana? Ini Hasil Survei Terbaru Polling Institute

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menurut survei terbaru Polling Institute, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 memperoleh dukungan yang signifikan dari pemilih Jokowi

Hasil riset tersebut mencerminkan dinamika migrasi pemilih Jokowi dari Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 ke Pilpres 2024.

Dalam paparan surveinya, Kennedy Muslim, peneliti Polling Institute menjelaskan bahwa sebanyak 42,4 persen dari responden yang sebelumnya memilih Jokowi pada Pemilu 2019 kini memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo-Gibran

"Dari basis responden 55,5 persen, sebanyak 42,4 persen pemilih Jokowi di Pemilu 2019 kini mendukung Prabowo-Gibran,” kata Kennedy dalam paparannya soal survei bertajuk ‘Dinamika Migrasi Pemilih Jokowi, Debat Capres, dan Elektabilitas’ secara virtual, Rabu, 27 Desember 2023.

BACA JUGA:

Menurut Kennedy Muslim dalam temuan Polling Institute, sebaran suara dari pemilih Jokowi untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak sekuat dukungan untuk Prabowo-Gibran.

Hanya 29,8 persen yang mendukung pasangan Ganjar-Mahfud. 

Pemilih Jokowi dari Pemilu 2019 juga memberikan dukungan sebesar 22,2 persen untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, menciptakan persaingan ketat dengan Ganjar-Mahfud.

BACA JUGA:

Kennedy menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi, maka dukungan untuk Prabowo-Gibran pun semakin kuat. 

Dari basis responden 78,3 persen, sebanyak 51,3 persen masyarakat yang puas dengan kinerja Jokowi mendukung Prabowo-Gibran. 

Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin mendominasi di kelompok yang tidak puas dengan kinerja Jokowi.

Dukungan tinggi bagi Prabowo-Gibran dari basis pemilih Prabowo-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 mencapai 58,5 persen, menurut survei terbaru Polling Institute. 

Hasil survei tersebut, yang dilakukan pada 1.230 responden antara 15-19 Desember 2023, memberikan gambaran yang menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: