Tak hanya menghias pohon Natal, Ini 6 Tradisi Menjelang Perayaan Natal di Beberapa Daerah Indonesia

Tak hanya menghias pohon Natal, Ini 6 Tradisi Menjelang Perayaan Natal di Beberapa Daerah Indonesia

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjelang perayaan Natal, berbagai tradisi unik dan berwarna di Indonesia menambahkan keceriaan dalam merayakan momen bersejarah ini. 

Tidak hanya diisi dengan menghias pohon Natal, tetapi juga terdapat tradisi-tradisi unik yang dilakukan menjelang perayaan Natal di beberapa wilayah Indonesia. 

Di berbagai daerah di Indonesia, terdapat beberapa tradisi yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Natal yang menjadikan momen tersebut semakin meriah dan berkesan.

Salah satu tradisi menjelang perayaan Natal yang sering dilakukan adalah pembuatan rangkaian lampu-lampu Natal. 

Di beberapa daerah, seperti di Jakarta dan Surabaya, lampu-lampu Natal yang terang benderang menjadi pemandangan yang tak terlupakan. 

Banyak rumah, pusat perbelanjaan, gereja, dan jalan-jalan utama yang dihiasi dengan ribuan lampu warna-warni, membentuk berbagai gambar dan hiasan yang indah. 

BACA JUGA:

Tradisi ini menjadikan suasana Natal semakin meriah dan semarak, serta memberikan kehangatan bagi warga setempat.

Dirangkum Radarpena dari laman kemenparegraf.go.id, inilah tradisi yang dilakukan menjelang perayaan Natal di beberapa daerah Indonesia.

1. Rabo-rabo, Jakarta

Salah satunya adalah tradisi Rabo-Rabo di Kampung Tugu, Jakarta Utara. Para warga berkeliling kampung, mengunjungi rumah kerabat, sambil disertai lagu keroncong yang mengiringi langkah mereka. 

Puncak perayaan ditandai dengan tradisi mandi-mandi, di mana mereka menggunakan bedak putih untuk menggambar wajah satu sama lain. 

Ini dianggap sebagai simbol penebusan dosa dan niat memulai tahun baru dalam keadaan bersih.

2. Wayang Wahyu, Yogyakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: