Terbaru! Daftar 5 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes, 3 Kolongmerat Ini Posisinya Tergeser

Terbaru! Daftar 5 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes, 3 Kolongmerat Ini Posisinya Tergeser

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjelang akhir tahun 2023, Forbes menutup tahun ini dengan merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Tercatat setidaknya ada 50 nama konglomerat di Indonesia yang memiliki harta sampai puluhan miliar Dolar Amerika Serikat (USD).

Kekayaan bersih dari kolektif para Taipan dalam daftar 50 Orang Terkaya Indonesia tahun 2023 yang dirilis versi Forbes naik hingga 40 persen ke rekor US$252 miliar (Rp3.924 triliun), naik dari US$180 miliar (Rp2.803 triliun) pada tahun lalu.

Meskipun mengalami permasalahan pada sektor eskpor yang melambat dan indek saham acuan turun, rekor kenaikan dipicu oleh serangkaian IP. Terutama perusahaan energi dan pertambangan. 

Karena hal tersebut separuh Taipan dalam daftar Forbes mengalami pertumbuhan kekayaan dibandingkan sebelumnya.

BACA JUGA:Intip Profil Prajogo Pangestu: Orang Terkaya di Indonesia November 2023 Versi Forbes

BACA JUGA:Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia pada 2023 Versi Forbes

Dalam daftar kali ini, ada sejumlah nama baru yang muncul, dan masuk ke jajaran orang terkaya. Namun, ada juga sejumlah konglomerat yang tergeser posisinya dari 10 orang terkaya di Indonesia.

Lantas siapa saja 5 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2023? Berikut daftar namanya:

1. Hartono Bersaudara

Hartono bersaudara, yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, masih mempertahankan posisi orang terkaya nomor satu di Indonesia dengan kekayaan US$48 miliar (Rp747 triliun). Diketahui harta kekayaan Hartomo bersaudara naik US$300 juta (Rp4.6 triliun) dari tahun lalu.

2. Prajogo Pangestu

Untuk pertama kalinya dan berada di peringkat kedua diduduki raja petrokimia dan energi Prajogo Pangestu, yang merupakan peraih keuntungan terbesar tahun ini baik dalam dolar maupun persentase. Dengan peningkatan kekayaan bersihnya lebih dari delapan kali lipat menjadi US$43,7 miliar (Rp680 triliun), ia naik lima peringkat dalam daftar tahun ini.

Pangestu mendapat keuntungan besar dengan mencatatkan dua perusahaannya, yakni produsen energi panas bumi Barito Renewables Energy dan penambang batu bara Petrindo Jaya Kreasi.

3. Low Tuck Kwong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: