IDAI Bagikan Tips Mencegah Speech Delay pada Anak, Salah Satunya Meniup Lilin

IDAI Bagikan Tips Mencegah Speech Delay pada Anak, Salah Satunya Meniup Lilin

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Terlambat bicara atau speech delay merupakan salah satu kondisi pada anak yang kerap membuat orangtua khawatir. Melihat hal itu, IDAI membagikan tips tepat untuk mencegah speech delay pada anak dengan mudah.

Speech delay adalah keterlambatan kemampuan anak dalam menyampaikan sesuatu atau berbicara. Pada kondisi ini anak tidak mampu menyampaikan isi pikirannya dengan baik sehingga kata-katanya sulit dipahami.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) kecepatan seorang anak dalam belajar bicara memang berbeda dengan anak yang lain.

Namun pada umumnya, perkembangan anak dengan usia 2 tahun diharapkan sudah bisa mengucapkan kalimat yang terdiri dari satu dan dua kata. Ada beberapa tanda perkembangan pada usia tertentu yang perlu dicapai sebelum anak mampu berbicara lancar

Diketahui ada berbagai kemungkinan penyebab anak terlambat berbicara, seperti kelainan bentuk organ penghasil suara, ganguan pendengaran, gangguan perilaku, gangguan perkembangan umum, kurang stimulasi, masalah psikososial, dan ada juga penyebab-penyebab lainnya.

Menyadari bahwa hal ini harus dicegah, IDAI membagikan tips untuk para orangtua bisa melakukan kegiatan yang membantu anak dalam perkembangan bicaranya.

BACA JUGA:Sering Diabaikan! Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Perlu Orang Tua Pahami

BACA JUGA:Jangan Panik! Tips Atasi Demam pada Anak dari dr Zaidul Akbar: Cukup dengan 3 Bahan Dapur, Apa Saja?

Tips Mencegah Speech Delay Pada Anak

IDAI menyebutkan bahwa dalam banyak kasus, kunci penting untuk mencegah speech delay yakni ada pada stimulasi perkembangan yang baik dan ketepatan waktu dalam menemukan tanda awal penyimpangan perkembangan anak. 

Sayangnya, beberapa keadaan yang menyebabkan terlambat bicara terjadi sejak lahir bahkan sejak di kandungan, sehingga membutuhkan penanganan sedini mungkin. 

Berikut beberapa tips dengan melakukan kegiatan untuk cegah speech delay pada anak seperti dilansir berbagai sumber:

1. Meniup dengan sedotan

Sedotan bisa menjadi media yang mudah didapat untuk membantu mencegah speech delay pada anak. Sediakan bola kapas dan sedotan, lalu letakkan kapas di atas meja atau lantai. Setelah itu, mintalah anak untuk meniup bola kapas sejauh mungkin. Meski terlihat sederhana, meniup dapat melatih otot mulut anak dan membantunya mengucapkan kata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: