Sungguh Bermakna, Tema World AIDS Day 2023

Sungguh Bermakna, Tema World AIDS Day 2023

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID- Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Peringatan tahunan Hari AIDS Sedunia biasanya diselenggarakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization). WHO mengambil tema Hari AIDS Sedunia 2023 adalah "Let Communities Lead!"

Dengan arti 'Biarkan Masyarakat Memimpin', yang merupakan kesempatan untuk merefleksikan kemajuan yang telah dicapai hingga saat ini. Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran akan tantangan yang masih ada untuk mencapai tujuan.

BACA JUGA:Sering Diabaikan! Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Perlu Orang Tua Pahami

BACA JUGA:Waspada Penyebaran Penyakit HIV/AIDS, Ini Langkah Pencegahan Untuk Lindungi Diri dan Keluarga

Serta mengakhiri AIDS pada tahun 2030 mendatang, dan memobilisasi semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama melipatgandakan upaya. Yakni, untuk memastikan keberhasilan penanggulangan HIV.

Selain itu, tema tahun ini juga memberikan penghormatan kepada mereka yang telah meninggal karena HIV-AIDS. Mengenang nyawa yang telah tiada, serta menekankan pentingnya komitmen kita untuk mengakhiri epidemi atau masalah HIV.

Sebab, aspek berkomitmen ini menekankan tanggung jawab warga dunia bersama untuk bertindak. Diharapkan warga dunia dapat membuat perubahan, baik melalui peningkatan kesetaraan kesehatan.

Sejarah World AIDS Day (Hari AIDS Sedunia)

Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss.

Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Pgoram AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dimana Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Bunn menyarankan tanggal 1 Desember untuk memastikan liputan oleh media berita barat, sesuatu yang diyakininya sangat penting untuk keberhasilan Hari AIDS Sedunia. 

Ia merasa bahwa karena 1988 adalah tahun pemilihan umum di AS, penerbitan media akan kelelahan dengan liputan pasca-pemilu mereka dan bersemangat untuk mencari cerita baru untuk mereka liput. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: