Eks Menlu AS, Henry Kissinger Meninggal Dunia di Usia 100 Tahun

Eks Menlu AS, Henry Kissinger Meninggal Dunia di Usia 100 Tahun

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Henry Kissinger, eks menlu AS dikabarkan telah wafat pada Rabu, 29 November 2023 dalam usia 100 tahun, semasa hidup Ia melambangkan kebijakan luar negeri Amerika Serikat (AS) selama pemerintahan Nixon dan Ford. 

Menurut laporan Reuters, Kissinger meninggal pada usia 100 tahun di rumahnya yang berada di Connecticut. Lebih lanjut, ia akan dimakamkan pada upacara keluarga pribadi terlebih dahulu.

Kissinger sebenarnya lahir di Jerman, dengan nama Heinz Alfred Kissinger, tahun 1923. Ia merupakan keturunan Yahudi yang pindah ke AS tahun 1938, sebelum kampanye Nazi untuk memusnahkan orang-orang Yahudi Eropa.

Kissinger menjadi warga negara AS yang dinaturalisasi pada tahun 1943. Ia bertugas di Angkatan Darat di Eropa pada Perang Dunia 2 (PD2), dan melanjutkan ke Universitas Harvard dengan beasiswa.

BACA JUGA:

Ia memperoleh gelar master pada tahun 1952 dan doktor pada tahun 1954. Ia berada di Harvard selama 17 tahun ke depan.

Kissinger merupakan pendukung utama teori détente untuk menghadang Uni Soviet semasa Perang Dingin tahun 1970-an.

Perkembangan Uni Soviet dihadang oleh AS melalui berbagai kebijakan luar negeri, termasuk di antaranya ”membesarkan” Yugoslavia, China, dan gerakan Solidaritas di Polandia.

Selama sebagian besar waktunya, Kissinger menjabat sebagai konsultan untuk lembaga-lembaga pemerintah, termasuk pada tahun 1967 ketika ia bertindak sebagai perantara Departemen Luar Negeri di Vietnam.

Dia menggunakan koneksinya dengan pemerintahan Presiden Lyndon Johnson untuk menyampaikan informasi tentang negosiasi perdamaian kepada kubu Nixon.

Ketika janji Nixon untuk mengakhiri Perang Vietnam membuatnya memenangkan pemilihan presiden tahun 1968. Ini menjadi jalan awal bagaimana Kissinger ke Gedung Putih menjadi penasihat keamanan nasional kala itu.

Seiring waktu, Kissinger mulai menjajaki profesi sebagai konsultan masalah keamanan. Tercatat, ia pernah bekerja untuk sejumlah lembaga AS yang mencakup era pemerintahan Presiden Dwight D Eisenhower, John F Kennedy, hingga Lyndon B Johnson. 

Pada 1969, Presiden Richard Nixon menunjuknya sebagai penasihat keamanan nasional. Beberapa tahun berselang, Kissinger mendapat peran lain sebagai Sekretaris Negara.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: