Hati-hati! Penggunaan Pestisida Malah Buat Wabah Kutu Busuk Lebih Makin Parah, Ini Penyebabnya!

Hati-hati! Penggunaan Pestisida Malah Buat Wabah Kutu Busuk Lebih Makin Parah, Ini Penyebabnya!

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID -Kutu busuk sekarang ini tengah mewabah dan menyerang negara-negara di dunia. Belahan dunia Eropa dari waktu ke waktu serangan Kutu busuk ini sepertinya semakin parah. 

Jika pencegahannya tidak baik, kemungkinan penyebaran Kutu Busuk ke wilayah-wilayah lain di dunia dapat terjadi. 

Negara-negara besar seperti Inggris dan Prancis sudah terserang lebih dulu. Tempat-tempat umum di dua negara tersebut tidak luput dari serangan kutu busuk ini, seperti di Kereta Api, Gedung Bioskop, Sekolah-sekolah, Rumah sakit serta fasilitas-fasilitas umum lainnya.

Kutu Busuk atau Bedgus adalah serangga kecil yang hidup dengan cara menghisap darah. Hewan kecil ini disebut juga kutu kasur , karena sering bersembunyi di balik-balik kasur tempat tidur. Seseorang yang digigit oleh Kutu Busuk akan merasakan panas, serta gatal,dan menyebabkan kulit kemerah-merahan serta terasa panas.

BACA JUGA:Cara Ampuh Atasi Lemak pada Jantung dan Pembuluh Darah dari dr Zaidul Akbar

Berbagai cara dilakukan manusia untuk  memusnahkan kutu busuk, mulai dari cara-cara tradisional, sampai kepada pemusnahan dengan menggunakan pestisida.

Pemusnahan kutu busuk dengan cara tradisional seperti menjemur, benda-benda yang ada dirumah seperti sofa, kasur, tirai berbahan kain, sebagai tempat berdiam kutu busuk. Sinar panas dari matahari bisa membuat kutu busuk mati. Tetapi cara penjemuran tidak sepenuhnya ampuh, karena kutu busuk bisa berdiam ditempat-tempat tersembunyi dan terlindung dari panas.

Akhir manusia beralih menggunakan pestisida atau racun. Namun sayang pestisida juga terbukti tidak efektif memberantas kutu busuk. Bahkan bintang kecil ini mampu mengembalkan dari racun pestisida, sehingga jumlah malah tidak berkurang.

Kekebalan yang diperoleh kutu busuk, karena mahluk ini, justru lama-lamaan bisa menciptakan kekebalan tubuhnya sendiri, akibat terlalu banyak disemprot menggunakan pestisida. Sehingga pemakaian pestisida justru semakin memperparah wabah kutu busuk.  Kini dunia semakin direpotkan oleh seranganya, yang terasa semakin meluas. 

BACA JUGA:Waspada! Wabah Kutu Busuk Merambah dari Paris Menuju Asia, Begini Cara Membasminya

Alternatif yang mungkin dapat dilakukan adalah, agar segera menjaga kebersihan rumah, selain itu kegiatan menjemur barang-barang yang mungkin menjadi tempat kutu busuk bersarang, harus sesering mungkin dilakukan. Terutama saat panas sedang terik, karena panas yang tinggi akan mempercapat kematian kutu busuk. 

Para ahli melakukan penelitian , mengapa penggunaan pestisida untuk  mematikan kutu busuk, justru malah tidak terjadi. Kutu busuk bahkan semakin resisten alias kebal. Jawabannya karena kutu busuk sangatlah kecil hanya berukuran  4-5 milimeter, yang karena ukuran kecil tersebut, zat-zat pestisida malah membuat semakin kebal dan tidak menyebabkan kematian bagi kutu busuk.

Selain itu kekebelan atau resistensi yang diperoleh oleh kutu busuk, karena manusia yang satu dengan manusia lain sering memiliki mobilitas yang tinggi. Sehingga kutu busuk yang beragam jenisnya ini, saling bertemu dan menghasilkan keturunan yang berbeda dari induknya, sehingga mereka mendapat kekebalan dari pestisida. 

Kita di Indonesia wajib lebih waspada kemungkinan kutu busuk mewabah, segera memikirkan langkah-langkah yang tepat dalam membasmi kutu busuk, sebelum berkembang semakin parah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: