Pakar IPB Himbau Tidak Mencampur Beras Merah dengan Beras Putih

Pakar IPB Himbau Tidak Mencampur Beras Merah dengan Beras Putih

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Nasi merah kerap menjadi pilihan hidup sehat untuk menghindari diabetes

Namun, seringkali nasi dari beras merah terasa kering dan tidak sepulen nasi putih.

Karena kandungan gizi beras merah yang baik, kita juga perlu memahami cara memasak nasi merah agar tetap pulen, nikmat, dan nutrisinya tidak hilang akibat proses pemasakan. 

Petani wirausaha dan peneliti lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Ali Zum Mashar, membagi tips berikut saat memasak beras merah, berdasarkan keterangan Dailymeal Rice.

"Nasi putih karbohidratnya dan gulanya tinggi. Tujuan makan beras merah kan untuk menghindari kandungan gula yang tinggi, kalau dicampur sebaiknya jangan karena bisa mengurangi manfaatnya. Justru akan lebih baik jika beras merah murni yang dikonsumsi," kata Ali dalam keterangan pers Dailymeal Rice yang diterima padana Senin, 20 November 2023.

BACA JUGA:

Saat menjalani gaya hidup sehat atau menurunkan berat badan sekali pun, Ali menghimbau untuk tidak mencampur beras merah dan beras putih agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Sudah banyak penelitian juga yang mengatakan, nasi merah memiliki kandungan kalori rendah, tapi tinggi akan protein, serat dan vitamin yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Tetapi ketika keduanya dicampur, kemungkinan karbohidrat dan gula yang dikonsumsi tetap saja tinggi, sehingga manfaatnya tidak optimal bagi tubuh.

"Khususnya bagi orang diabetes dan obesitas. Makan nasi putih cukup disarankan demi menjaga kadar gula di dalam tubuh," jelas Ali.

  • Cuci beras

Beras merah dapat dicuci terlebih dulu atau tidak. 

Tetapi jika khawatir beras kotor sebaiknya dicuci dulu.

Secara umum, beras merah memerlukan proses perendaman sekitar 2-4 jam sebelum dimasak agar lebih mudah mekar dan tidak bertekstur keras atau kering. 

Tapi kata Ali, jika memakai beras berkualitas, beberapa varietas beras merah ada yang tidak perlu menggunakan proses perendaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: