Mitos atau Fakta? Membunuh Cicak di Rumah Dapat Pahala Besar, Simak Penjelasannya

Mitos atau Fakta? Membunuh Cicak di Rumah Dapat Pahala Besar, Simak Penjelasannya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Cicak merupakan hewan pemakan serangga yang kerap terlihat di diding rumah, atau bangunan lain seperti mushala, masjid dan lainnya.

Beredar kabar, kehadiran cicak akan membawa atau seiring dengan kehadiran makhluk halus di tempat cicak berada.

Dilansir dari kanal Youtube Ustadz Adi Hidayat (UAH), cicak diciptakan Allah SWT sebagai ujian mudarat. Artinya tempat yang bantak cicaknya artinya tempat itu kotor atau ada mudaratnya di tempat tersebut.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, kehadiran cicak menandakan lingkungan di rumah atau bangunan itu kotor.

BACA JUGA:

Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk membunuh cicak karena cicak menandakan kehadiran makhluk jin di rumah tersebut. Hal ini karena jin menyukai tempat-tempat yang kotor.

Hewan cicak atau tokek digolongkan sebagai hewan yang fasik dan diperintahkan untuk dibunuh.

Seperti diriwayatkan dalam satu Hadits Sa'ad bin Abi Waqqash, Rasulullah SAW bersabda:

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَغِ وَسَمَّاهُ فُوَيْسِقًا.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh tokek, beliau menyebut hewan ini dengan hewan yang fasik” (HR. Muslim, no. 2238).

Pahala Membunuh Cicak

Dikisahkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَتَلَ وَزَغًا فِى أَوَّلِ ضَرْبَةٍ كُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَفِى الثَّانِيَةِ دُونَ ذَلِكَ وَفِى الثَّالِثَةِ دُونَ ذَلِكَ

“Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan, dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua.” (HR. Muslim, no. 2240)

BACA JUGA:

Dari Ummu Syarik –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata,

عَنْ أُمِّ شَرِيكٍ – رضى الله عنها أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَغِ وَقَالَ « كَانَ يَنْفُخُ عَلَى إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ »

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau bersabda, “Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim ‘alaihis salam.” (HR. Bukhari, no. 3359)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: