Harga Gula Melonjak di Pasaran, Para Pedagang Mengeluh Minimnya Pemasokan

Harga Gula Melonjak di Pasaran, Para Pedagang Mengeluh Minimnya Pemasokan

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menyitir data panel harga pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), harga gula konsumsi di tingkat konsumen per hari ini 16 Oktober 2023 sebesar Rp15.520 per kilogram atau naik 0,13% dari harga kemarin. 

Padahal pemerintah dalam Perbadan No. 17/2023 menetapkan HAP untuk gula konsumsi di tingkat konsumen sebesar Rp14.500 - Rp15.500 per kilogram. 

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah I menilai ada indikasi rantai distribusi dalam industri gula masih belum efisien atau terindikasi ada distorsi pasar terkait dengan kenaikan harga gula pasir secara nasional. 

FGD dilakukan untuk memetakan 2 hal, yakni kondisi pasokan dan distribusi gula serta permasalahan di lapangan sehingga dapat menyusun langkah antisipasi dalam rangka pengendalian inflasi.

BACA JUGA:

Struktur pasar dalam rantai distribusi industri gula, lanjutnya, membentuk pasar oligopsoni dengan distributor utama (D1) sebagai pembeli dari pasar lelang atau pasar impor, sementara di level sub distributor atau pedagang besar terbentuk pasar oligopoli. 

Seperti halnya harga gula pasir di Pasar Percontohan, Kelurahan Gamalama, Kota Ternate terpantau melonjak, sejak  Kamis, 12 Oktober 2023. Kenaikan ini lantas dikeluhkan sejumlah pedagang di pasar setempat.

Salah seorang pedagang di Pasar Percontohan, Iskandar, mengatakan, biasanya Ia menjual gula perkilogram Rp14-15 ribu, namun beberapa waktu terakhir harga jualnya mencapai Rp18ribu perkilogram.

"Sudah satu bulan ini harga gula naik terus," kata Iskandar, dengan nada keluh.

Pedagang lainnya pun, mengaku tak mengetahui penyebab pasti kenaikan ini. Mereka hanya menyesuaikan dengan harga pembelian gula dari distributor. 

Perkarung kemasan 50 kilogram gula pasir di distributor kini Rp785 ribu dari harga sebelumnya yaitu Rp669 ribu.

Kondisi pasar ini menempatkan beberapa pelaku usaha memiliki posisi tawar yang lebih kuat di pasar.

Seperti diketahui, harga gula terpantau cetak rekor pada Selasa, 7 November 2023. Baik gula konsumsi di dalam negeri maupun gula mentah (raw sugar) di pasar internasional.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: