Kemendikbud Buat Program Beasiswa Indonesia Maju Guna Persiapan Melanjutkan Pendidikan S1 Luar Negeri

Kemendikbud Buat Program Beasiswa Indonesia Maju Guna Persiapan Melanjutkan Pendidikan S1 Luar Negeri

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Kemdikbudristek kembali membuka pendaftaran Program Beasiswa Indonesia (BIM) untuk persiapan pendidikan S1 Luar Negeri bagi para peserta didik.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) membuka program Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Program BIM ini merupakan Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4 yang diberikan kepada peserta didik kelas XI Semester 1 tahun ajaran 2023/2024 pada jenjang SMA, SMK, MA, dan sederajat.

Mereka yang dipersiapkan pada program Beasiswa Indonesia Maju ini adalah peserta didik yang berprestasi pada ajang olimpiade, lomba, kompetisi, atau festival pada bidang Riset dan Inovasi, Bidang Seni Budaya, dan Bidang Olahraga.

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4 (Reguler) ini diluncurkan untuk mendukung dan mempersiapkan peserta didik berprestasi. Para peserta didik tersebut dipersiapkan melanjutkan pendidikan jenjang S1 Perguruan Tinggi Luar Negeri Tahun Akademik 2025-2026.

BACA JUGA:

Ada beberapa persyaratan yang wajib di persiapkan oleh peserta didik untuk mendapatkan Beasiswa indonesia Maju (BIM). Hal ini telah di tetapkan oleh Puspresnas Kemdikbudristek yang bisa dilihat dari laman resmi Kemdikbudristek. Yaitu:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan identitas resmi

2. Peserta didik kelas XI SMA, SMK, MA, dan sederajat yang tercatat pada tahun ajaran 2023/2024

3. Memiliki prestasi atau kemampuan bidang akademik yang baik

4. Memiliki prestasi pada ajang talenta dan/atau non ajang talenta dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Untuk prestasi ajang talenta, tercatat sebagai finalis atau pemenang pada lomba, kompetisi, atau festival tingkat nasional dan/atau internasional dalam 4 bidang pengembangan talenta (sains, riset, teknologi, dan inovasi; seni, bahasa, dan literasi; vokasi dan kewirausahaan; serta olahraga dan kesehatan jasmani) pada 3 (tiga) tahun terakhir yang diselenggarakan atau difasilitasi baik oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) maupun di luar Puspresnas.
  • Untuk prestasi non−ajang talenta harus memiliki prestasi yang telah dikurasi oleh Puspresnas

5. Memiliki integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila dengan orientasi calon pemimpin masa depan bangsa

6. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari sumber lainnya dengan peruntukan komponen biaya yang sama atau serupa

BACA JUGA:

7. Memiliki kefasihan berbahasa Inggris dan/atau bahasa asing lainnya sesuai dengan negara tujuan studi nantinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: