Inilah Sejumlah Sayuran yang Jika Dikonsumsi Bikin Asam Urat Kambuh, Cek Faktanya!

Inilah Sejumlah Sayuran yang Jika Dikonsumsi Bikin Asam Urat Kambuh, Cek Faktanya!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Asam urat yang kambuh atau meninggi disebabkan karena seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung purin berlebih.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, konsumsi purin direkomendasikan kurang dari 400 mg/hari untuk mencegah asam urat

Namun, ternyata ada beragam jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena dapat memperburuk kondisi penderita asam urat tinggi.

Dilansir dari berbagai sumber, ketika tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi, maka akan mengganggu kesehatan.

BACA JUGA:

Penderita juga akan merasakan beberapa gejala seperti nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.

Bahkan, asam urat yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan kerusakan sendi secara permanen. Asam urat juga bisa memicu gangguan kesehatan lain seperti radang sendi, penyakit ginjal dan penyakit jantung.

Diketahui, bagi penderita asam urat wajib untuk menghindari sayuran yang memiliki tingkat purin tinggi. Karena, tubuh akan memecah purin menjadi asam urat dan dikeluarkan dari tubuh lewat urine.

Berikut, beragam jenis sayuran yang jika dikonsumsi dapat menyebabkan kambuhnya asam urat. Simak ulasannya dibawah ini!

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang dapat memicu penumpukan asam urat dalam darah. Diketahui, di setiap 100 gram bayam terkandung sebanyak 57 miligram purin.

Asparagus memiliki kadar kalium dan folat tinggi. Akan tetapi, asparagus adalah salah satu sayuran yang perlu dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. Dalam asparagus, terdapat sekira 23 gram purin di setiap 100 gram sayuran ini.

Jamur memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dalam setiap porsinya. Oleh karena itu, pengidap asam urat wajib menghindari sayuran yang menjadi campuran di banyak hidangan ini.

Sayur brokoli tinggi kandungan vitamin C untuk daya tahan tubuh, vitamin K untuk pembentukan kolagen dan menguatkan tulang dan gigi. Lalu, brokoli juga kaya akan antioksidan sebagai inflamator dalam pencegahan kanker. Dalam 100 gram brokoli terdapat 81 mg purin.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: