Beragam Pemanis Alami Ini bisa Kamu Jadikan Sebagai Pengganti Gula, Simak Yuk!

Beragam Pemanis Alami Ini bisa Kamu Jadikan Sebagai Pengganti Gula, Simak Yuk!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mengonsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Namun sayangnya, banyak orang yang tanpa sadar mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebih.

Pasalnya gula memberikan nilai gizi yang sangat sedikit, dengan jumlah vitamin atau mineral yang terbatas.

Maka dari itu, biasanya jika sedang diet, gula harus dibatasi, dan jika ingin manis kamu bisa mencari alternatif lain yang lebih baik selain mengonsumsi gula.

BACA JUGA:

Nah, jika kamu ingin mencari pengganti gula alami yang sehat bagi tubuh, atau mengendalikan kadar gula darah, bahkan hanya sekadar memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat, kamu bisa simak ulasan artikel ini sampai habis.

Berikut ini merupakan beberapa pemanis alami yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti gula, simak yuk!

Meski manis, stevia tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga dinilai lebih sehat untuk penderita diabetes. Stevia juga tidak mengandung kalori sama sekali, sehingga aman bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Selain penderita diabetes dan orang yang ingin menurunkan berat badan, pemanis alami ini juga baik untuk penderita hipertensi karena bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Sirup ini diekstrak langsung dari tanaman yacon yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini dikenal secara ilmiah dengan sebutan Smallanthus sonchifolius. Sirup ini mengandung sepertiga kalori gula biasa atau sekitar 1,3 kalori per gram.

Kandungan fructooligosaccharides di dalamnya membuat sirup yacon juga menawarkan manfaat kesehatan lain. Penelitian menunjukkan fructooligosaccharides dapat mengurangi indeks glikemik, berat badan, dan risiko kanker usus besar.

Madu mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Madu juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Asam fenolik dan flavonoid dalam madu bertanggung jawab dalam mencegah diabetes, peradangan, penyakit jantung, dan kanker.

Meski memiliki berbagai manfaat kesehatan yang menjanjikan, namun madu mengandung fruktosa yang dapat berkontribusi terhadap masalah kesehatan.

Xylitol merupakan gula alkohol yang biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. gula alkohol ini memiliki 40 persen kalori lebih rendah daripa pada gula biasa. Seperti gula biasa, xylitol itu berwarna putih dan berbutir serta larut dalam cairan. Dikarenakan xylitol itu bukan gula biasa, maka saat membuat kue hasilnya pun tidak akan sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: