8 Manfaat Pull Up: Salah Satunya untuk Meningkatkan Postur Tubuh dan Cara Melakukan Gerakannya yang Benar

8 Manfaat Pull Up: Salah Satunya untuk Meningkatkan Postur Tubuh dan Cara Melakukan Gerakannya yang Benar

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bagi kamu yang terbiasa berolahraga, pasti sudah tidak asing lagi dengan gerakan pull up. Gerakan pull up terlihat mudah, tetapi ternyata berat. Namun, manfaat pull up bisa kamu rasakan jika rutin melakukannya.

Lantas, apa saja manfaat pull up dan bagaimana cara melakukan gerakannya yang benar agar bisa mendapatkan manfaatnya? Yuk, baca penjelasannya berikut ini!

Pull up adalah salah satu jenis latihan kekuatan yang melibatkan penggunaan otot lengan, punggung, dan inti tubuh. 

Gerakan pull up melibatkan mengangkat diri sendiri dari posisi bergantung dengan tangan yang tergantung pada sebuah bar atau alat lainnya. 

Pull up memiliki banyak manfaat fisik dan mental yang membuatnya menjadi salah satu latihan yang efektif dan penting dalam rutinitas latihan sehari-hari.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, disarankan untuk melakukan pull up secara rutin sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

BACA JUGA:

Untuk itu, tidak dilakukan setiap hari karena akan rawan cedera, seperti cedera bahu serius. Sebab, gerakan pull up menggunakan kekuatan tangan dalam mengangkat tubuh ke atas.

Manfaat Pull Up

Ada beberapa manfaat penting dari melakukan pull up setiap hari seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Meningkatkan Kekuatan Jangka Panjang

Pull up melibatkan banyak kelompok otot, termasuk otot lengan, punggung, dan inti tubuh. 

Melakukan pull up secara konsisten akan meningkatkan kekuatan otot-otot ini, yang akan membantu kamu dalam melakukan latihan lain dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: