Ada 5 Amalan Sunnah Rasul di Malam Jumat, yang Terakhir...

Ada 5 Amalan Sunnah Rasul di Malam Jumat, yang Terakhir...

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hari Jumat merupakan hari istimewa untuk umat muslim di seluruh dunia. Hal ini disebabkan banyaknya kejadian-kejadian istimewa terjadi di hari Jumat. 

Salah satunya adalah diwajibkannya lelaki muslim untuk melaksanakan shalat Jumat.

Seperti perintah Allah SWT pada Surat Al Jumuah ayat 9-10 yang berbunyi:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10)} 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung". (QS. Al Jumuah: 9-10)

BACA JUGA:

Keistimewaan Hari Jumat

Banyak peristiwa besar yang terjadi di hari Jumat: 

  • Allah SWT menciptakan Adam AS di hari Jumat
  • Allah memasukkan Nabi Adam AS ke surga di hari Jumat
  • Allah SWT menurunkan Nabi Adam AS ke bumi juga di hari Jumat
  • Kiamat juga diperkirakan akan terjadi di hari Jumat

Seperti dikutip dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al Imam al Syafi'i dan al Imam Ahmad,"Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri."

Pada hari Jumat adalah hari yang sangat baik untuk memohon kebaikan kepada Allah SWT.

Hal ini disebutkan dalam riwayat hadits yang menceritakan:

قَالَ ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَرَفَةَ، حَدَّثَنَا عَبِيدة بْنُ حُمَيد، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ أَبِي مَعْشَرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ قَرْثَع الضَّبِّيِّ، حَدَّثَنَا سَلْمَانُ قَالَ: قَالَ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَا سَلْمَانُ، مَا يَوْمُ  الْجُمُعَةِ؟ ". قُلْتُ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَوْمٌ جُمع فِيهِ أَبَوَاكَ -أَوْ أَبُوكُمْ"

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu Arafah, telah menceritakan kepada kami Ubaidah ibnu Humaid, dari Mansur, dari Abu Ma'syar, dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Qursa' Ad-Dabbi, telah menceritakan kepada kami Salman, bahwa Abul Qasim Saw. pernah bersabda, "Hai Salman, apakah hari Jumat itu?" Salman menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Maka Rasulullah Saw. bersabda: Hari Jumat itu adalah hari yang padanya Allah menghimpunkan kedua orang tuamu, atau orang tuamu.

BACA JUGA:

5 Amalan Sunnah Rasul di Malam Jumat

Hari Jumat, menurut kalender hijriyah, mulai dihitung pada Kamis petang saat matahari mulai akan tenggelam. Melihat keistimewaan hari Jumat, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk melakukan amalan-amalan sunnah di Kamis malam atau malam Jumat.

Berikut amalan yang baik dilakukan pada malam Jumat:

1. Membaca surat Yasin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: