Ada 5 Amalan Sunnah Rasul di Malam Jumat, yang Terakhir...

Ada 5 Amalan Sunnah Rasul di Malam Jumat, yang Terakhir...

Banyak yang mengaitkan antara hubungan suami istri di malam Jumat sebagai Sunnah Rasul.

Namun berhubungan suami istri yang dimaksud tidak hanya terkait masalah seksual, salah satu tujuan utama berumah tangga adalah memiliki keluarga sakinah.

Sebenarnya ada beberapa ada dalil yang mengarah antara hubungan suami istri di malam Jumat dengan 'Sunnah Rasul'.

Seperti yang diriwayatkan dalam salah satu Hadits oleh Abu Nashar Muhammad bin Abdurrahman Al-Hamadani yang berbunyi:

روى أنس بن مالك رضي الله عنه بالإسناد الذي ذكرناه في المجلس الأول قال سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن يوم الجمعة فقال يوم صلة ونكاح قالوا كيف ذلك يا رسول الله قال لأن الأنبياء عليهم الصلاة والسلام كانوا ينكحون فيه

Artinya: “Sahabat Anas bin Malik RA meriwayatkan dengan sanad yang telah kami sebutkan di bab pertama, ia bercerita bahwa Rasulullah SAW ditanya perihal hari Jumat. Rasulullah menjawab: “(Jumat) adalah hari hubungan dan perkawinan”.

Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa hubungan suami istri yang dimaksud adalah hubungan intim yang berpahala sebelum menunaikan shalat Jumat.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ ، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

Artinya: “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat (dengan membasuh kepala dan anggota badan lainnya), membuat mandi, pergi di awal waktu, mendapati khutbah pertama, mendekat pada imam, mendengar khutbah, serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan salat setahun,” (HR Tirmidzi).

Melakukan hubungan suami istri di malam Jumat atau di jumat pagi bisa saja menjadi sunnah Rasul jika merujuk keterangan beberapa olama.

Hikmah dari sunnah berhubungan suami istri sebelum shalat Jumat adalah agar pikiran bisa tenang, segar, serta fokus dalam melakukan ibadah Shalar Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: